Bantu Warga Terdampak Covid, ACT Cimahi Kumpulkan Dana Melalui Bazar Ramadan

CIMAHI – Keadaan Pandemi Covid-19 malah makin menambah pada jumlah kasus yang positif, hal ini diakibatkan karena terlalu sering berkerumun dan tidak mematuhi aturan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

Hal ini, berdampak pada kondisi ekonomi warga masyarakat yang kian menjerit karena berbagai banyak faktor salah satunya para pekerja yang dirumahkan (PHK).

Dengan siasati secara langsung, Aksi Cepat Tanggap (ACT) beserta Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) adakan kegiatan Bazar Ramadhan di Kantor ACT Cimahi, Jalan Pesantren No. 107 C, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Minggu (9/5) kemarin. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09:00 WIB hingga 16:30 WIB.

Penanggung Jawab Kegiatan Bazar Ramadan, Naufal Aflah mengatakan bahawa tujuan dari Bazar Ramadan di Cimahi ialah mengumpulkan dana. Kemudian bagaimana dana ini kita coba maksimalkan di penghujung 10 tahun di Bulan Ramadan.

“Dalam 10 hari bulan terakhir di bulan Ramadhan ini ada beberapa program yang memang kita cukup bergerak cepat dalam respon yang cepat pertama ialah program memberikan bantuan berupa sembako ataupun dalam beras kepada penerima yang memang tidak bisa melanjutkan untuk mencari nafkah selama mudik ini dan itu sudah jadi prioritas utama kami,” ujar Naufal Aflah saat dihubungi oleh jabarekspres.com, Senin (10/5).

Kemudian Naufal menambahkan, selepas assessment yaitu kegiatan survei ke beberapa tempat agar yang kita dapat hari ini bisa kita samakan dengan tepat juga amanah dan sasaran yang ditujukan.

Hasil pengumpulan dana ini, disasarkan untuk sopir bus antar provinsi atau kota yang terdampak larangan mudik tahun 2021. Kemudian, para pekerja jalanan seperti pengumpul sampah dan lain-lain yang cukup sulit untuk menafkahi akibat berbagai faktor.

Menurutnya, hal ini terjadi karena penyebab ekonomi yang menjadi perbedaan untuk kalangan warga masyarakat yang terdampak.

“Solusi dengan mengadakan bazar ini, Jadi apa yang bisa kita lakukan? Mungkin dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan bagaimana caranya kita kelola agar sumber daya ini bisa membantu mereka yang terdampak selama beberapa hari kedepan,” imbaunya.

Kemudian Naufal menambahkan bahwa ACT telah mengamanahkan kepada MRI. Lalu, diolah juga oleh MRI sehingga akan menghasilkan (sesuatu) yang bisa bermanfaat bagi para penerima.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan