Antisipasi Lonjakan Pengunjung Kawasan Alun-alun Bandung, Satpol PP Siapkan Sejumlah Unit Anggota

BANDUNG – Lima hari menjelang hari raya Idulfitri, berdasarkan pantauan Satpol PP Kota Bandung, di sejumlah kawasan seperti Alun-alun, Dewi Sartika, Jl. Kepatihan, dan Dalem Kaum, dibandingkan dengan minggu kemarin, tidaklah terlalu banyak pengunjung.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Penegak Hukum Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi kepada wartawan jabarekspres.com, Sabtu (8/5) kemarin.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengantisipasi jika terjadi lagi kepadatan masyarakat di kawasan tersebut.

“Jadi terhadap ini kita tetap melakukan pengendalian, ya monitoring pengawasan. Bahkan kita lakukan penertiban terkait kegiatan yang ada di sekitar Alun-alun ini. (Seperti kawasan, red) Asia-Afrika, Taman Alun-Alun, Dalem Kaum, Kepatihan, Dewi Sartika,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dirinya telah memerintahkan anggotanya untuk me-floating di kawasan tersebut, dengan berjumlah 3 unit dengan 1 unitnya berjumlah 3 regu.

“Kita juga akan me-floating 3 unit di kawasan tersebut, dan 1 unitnya itu berjumlah 3 regu. 1 regu berjumlah 10 orang,” tambahnya.

Dari 3 unit anggota Satpol-PP tersebut, 1 unitnya akan patroli ke wilayah di luar kawasan sekitar Alun-alun Kota Bandung.

“Tetapi dari 3 unit yang ada di sini kita satu regu per unit kita adakan patroli ke wilayah di luar kawasan Alun-alun,” ungkapnya.

Terkait dengan itu, pihaknya juga menempatkan anggota berjumlah 2 orang di sekitar Jl. Dalem kaum dan Jl. Kepatihan, guna memantau jika terjadi kerumunan dan prokesnya kurang.

“Terkait di sini bukan tempat mainnya saja, tetapi tempat belanjanya juga ada seperti King dan Yogya, di King dan di Yogya kita juga karena wilayah clothing,” ujarnya.

“Kalau Yogya itu Kepatihan, dan King itu Dalem Kaum, dan Kepatihan kita tempatkan di seputar itu ada 2 orang anggota kita untuk memantau kalau memang prokesnya tidak berjalan dengan baik, kalau terdapat kerumunan anggota kita yang 2 orang itu akan masuk menghampiri ke security di kawasan tersebut dan dilakukan imbauan bahwa ditahan dulu, ditutup dulu biarkan di dalam dulu supaya keluar dulu,” ungkapnya.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan, pihaknya berharap dari aparat kewilayahan seperti Koramil, Polsek, dan Kecamatan, melakukan tugas seperti Satpol PP.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan