Tolak Olimpiade Tokyo, 200 Ribu Publik Jepang Tandatangani Petisi Pembatalan

JEPANG – Petisi dalam jaringan yang menyerukan agar Olimpiade Tokyo dibatalkan telah mendapat hampir 200.000 tanda tangan dalam beberapa hari terakhir. Petisi tersebut merupakan buah kekhawatiran publik atas penyelenggaraan Olimpiade di tengah pandemi.

Tiga bulan lagi Olimpiade musim panas tersebut akan mulai. Sebelumnya, olimpiade ini sudah tertunda setahun karena virus corona. Sampai saat ini masih ada pertanyaan bagaimana Tokyo menggelar event dunia tersebut, dan menjaga para sukarelawan, atlet, ofisial dan warga Jepang aman dari COVID-19.

Dikutip dari Reuters, Jumat, dalam dua hari sejak diluncurkan, kampanye secara daring yang bernama “Stop Olimpiade Tokyo” melalui laman www.change. org, telah memperoleh lebih dari 187.000 tanda tangan. Hampir mencapai target 200.000, menyoroti keprihatinan publik atas penyelenggaraan event olahraga besar-besaran di ibu kota Jepang.

Memerangi gelombang keempat pandemi dan berjuang dengan kampanye vaksinasi yang lamban, pemerintah Jepang sedang berusaha memperpanjang status darurat di Tokyo dan tiga area lainnya hingga akhir Mei, kata menteri ekonomi, Jumat.

Jajak pendapat di Jepang telah menunjukkan mayoritas publik menolak Olimpiade, yang rencananya dibuka pada 23 Juli.

“Kami sangat menyerukan pencegahan penyebaran virus corona dan perlindungan kehidupan dan mata pencaharian. Dengan menggunakan sumber-sumber yang tersedia untuk menghentikan Olimpiade,” kata Kenji Utsunomiya, penyelenggara petisi daring tersebut, menulis dalam lamannya. Utsunomiya adalah seorang pengacara yang telah beberapa kali mencalonkan diri sebagai Gubernur Tokyo.

Namun, penyelenggara telah berulang kali mengatakan Olimpiade akan dilanjutkan, dan mengungkapkan protokol COVID-19 yang terperinci bagi atlet dan ofisial.

Pfizer Inc dan mitranya, BioNTech SE mengatakan pada Kamis, telah setuju mendonasikan vaksin untuk membantu vaksinasi partisipan Olimpiade. (antaranews)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan