Ini Dia Obsesi Robert Albert untuk Persib Bandung

BANDUNG – Robert Alberts sudah menukangi Persib Bandung sejak 2019. Sampai sekarang jabatan itu masih dipegangnya meski gagal meraih gelar juara Piala Menpora 2021.

Ini membuka jalan bagi juru taktik asal Belanda itu untuk membukukan rekor pribadi di Liga 1.

Bagi Robert, menjadi runner-up Piala Menpora 2021 merupakan prestasi terbaiknya sejak melatih Maung Bandung. Sebab, saat Liga 1 2019, Persib hanya dibawanya menempati peringkat keenam. Tapi, sekarang dia berpeluang memecahkan dua rekor sekaligus.

Bersama Persib, Robert juga punya misi pribadi. Dia ingin menambah rekor dengan menyumbang gelar juara tanpa terkalahkan dalam satu musim.

Peluang itu sebenarnya sempat terbuka di musim 2020 usai menang dalam tiga laga awal. Namun, mimpi itu pupus karena kompetisi akhirnya dihentikan gegara pandemi Covid-19.

Robert sebenarnya sempat punya peluang mewujudkan rekor tak terkalahkan ketika Persib tampil di Piala Menpora. Sejak fase grup hingga semifinal, Febri Hariyadi dkk belum terkalahkan hingga akhirnya bisa melaju ke final.

Namun, babak final, Persib hancur-lebur oleh Persija yang merupakan musuh bebuyutannya. Dua kali Persib dihajar dalam dua leg, yakni 2-0 dan 2-1.

Kini, Robert menatap peluang menciptakan rekor tak terkalahkan di kompetisi musim depan bersama Persib. Jika bisa diwujudkan, rekor tak terkalahkan itu akan jadi yang keempat diraihnya di Asia Tenggara.

“Catatan statistik di AFC, saya adalah pelatih dengan tiga gelar juara di tiga klub berbeda tanpa terkalahkan, dua kali di Malaysia dan satu kali di Singapura,” kata Robert dilansir dari sindonews.com .

Jelas itu jadi pencapaian terbaik Robert sekaligus menegaskan dirinya bukan pelatih sembarangan. Sebab, menjuarai kompetisi tanpa terkalahkan bukan hal mudah.

Namun, ia mengakui mewujudkan gelar juara bersama Persib tanpa terkalahkan adalah hal yang sangat sulit. “Di Indonesia (juara tanpa terkalahkan) itu sulit dilakukan seperti yang kita semua tahu,” ungkap Robert.

Alasannya, peta persaingan tim di Indonesia sangat ketat. Sebab, Indonesia tak hanya didominasi satu-dua tim saja. Semua tim berpeluang menjadi juara di kompetisi.

Meski begitu, ia masih menyimpan optimisme bersama Persib. Meraih gelar juara tanpa terkalahkan jadi ambisi besar yang akan dikejarnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan