Legislatif Sarankan Pemkot Bangun Sistem Ducting untuk Atasi Masalah Kabel

DEPOK – Anggota legislatif Provinsi Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmat menyarankan kepada Pemeritah Kota (Pemkot) Depok agar segera membangun sistem utility ducting guna mengatasi masalah semrawut kabel yang ada di Kota Depok.

Hasbullah menilai, masalah semrawut kabel di Kota Depok tidak hanya terjadi di Kelurahan Beji, Kecamatan Beji saja. Akan tetapi, masalah serupa juga hampir dijumpai di banyak tempat di Kota Depok.

“Iya, masalah kabel semrawut tidak hanya di Beji ya, tapi hampir semua. Kabel ini kan masih di atas, masih malang dan melintang di atas. Tentu ke depan, pemerintah Kota Depok sudah harus memikirkan membangun fasilitas ulility ducting,” kata Hasbullah kepada Jabar Ekspres, Jumat (7/5).

Ia mengatakan, penerapan sistem penataan jaringan utilitas terpadu bawah tanah atau yang jamak dikenal sebagai utility ducting system, memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan menggantungnya di atas tiang.

“Karena kalau sistem ducting itu dia lebih rapi dan kalaupun ada operator yang menambah volume jaringan, itu tinggal minta izin nambah sewa terus buka-tutupnya dimasukin kabelnya,” ujar Hasbullah.

Lebih lanjut, kader Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, jika Pemkot tidak segera membangun sistem ducting maka permasalahan terkait semrawut kabel ini tidak akan pernah selesai sampai kapanpun.

“Kalau tidak ada ducting maka bisa dipastikan fasilitas infrastruktur jalan di Depok itu bulan ini digali oleh PDAM, mungkin bulan depannya Telkom, bulan berikutnya PLN. Begitu seterusnya. Jadi, tidak efektif dan merusak,” paparnya.

Selain itu, Hasbullah juga menilai manfaat lain yang didapat dari konsep utility ducting itu Pemkot Depok bisa menyewakan fasilitas tersebut ke pihak operator. Dengan begitu, selain mengurai permasalahan tadi, hasil sewa fasilitas itu bisa masuk ke kas daerah.

“Karena ducting, ruang bawah tanah itu bisa disewakan per meter kepada operator. Jadi, selain membuat estetika Kota Depok makin cantik, tidak ada kabel yang malang-melintang dan juga untuk bisa meningkatkan pendapatan bagi Kota Depok,” imbuhnya.

“Sehingga ke depan, harapan saya, semua kabel-kabel yang malang-melintang di atas itu sudah dipendam ke bawah semua dengan sistem ducting,” sambungnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan