Kembali Jadi Zona Merah Covid-19, Pemkab Bandung Barat Resmi Tutup Sejumlah Objek Wisata

NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi menutup objek wisata yang ada di Bandung Barat, terutama kawasan wisata Lembang selama satu pekan ke depan terhitung sejak 7 sampai 14 Mei 2021.

Penutupan objek wisata tersebut merupakan buntut dari kembali masuknya wilayah Bandung Barat ke zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat Heri Partomo mengatakan penutupan objek wisata tersebut sudah sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

“Resmi kita tutup (objek wisata). Alasan utamanya karena Bandung Barat masih zona merah Covid-19, jadi mau tidak mau sesuai pusat, kita harus tutup objek wisata di KBB selama seminggu,” ungkap Heri saat ditemui di Pemkab Bandung Barat, Jumat (7/5).

Heri menyebut penutupan objek wisata selama sepekan ke depan bakal mengikuti hasil evaluasi zona wilayah terbaru yang keluar setiap pekan. Jika masih bertahan di zona merah, penutupan kemungkinan akan diperpanjang.

“Kalau membaik kita keluarkan lagi kebijakan baru soal wisata. Tapi kalau masih merah, mau tidak mau perpanjang lagi, kita upayakan selama seminggu. Tapi mudah-mudahan segera membaik,” terangnya.

Heri mengaku pihaknya juga mempertimbangkan kondisi pelaku wisata dan UMKM yang ada di sekitarnya yang saat ini dalam kondisi setengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Kita lihat juga pemulihan sektor ekonomi. Selama Covid-19 bisa dibilang wisata sudah setengah terpuruk. Kalau ditutup terus padahal rencananya libur lebaran dibuka untuk pemulihan ekonomi, mungkin lebih terpuruk lagi. Intinya, kita berharap ada peningkatan tingkat kesembuhan dan kasus menurun,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud KBB, David Oot menambahkan, pihaknya sudah mengedarkan Surat Edaran (SE) penutupan destinasi wisata tersebut ke pengelola wisata se-KBB.

“Kementerian Pariwisata sebenarnya menyerahkan ke Pemda (Pemerintah Daerah, red) masing-masing dalam hal penutupan destinasi wisata. tapi melihat level zona merah dan instruksi Kapolri, akhirnya ditindaklanjuti dengan penutupan,” kata David. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan