Hingga Dini Hari Masih Ada Pemudik Bandel di Pos Penyekatan Cileunyi, Ini yang Dilakukan Petugas

BANDUNG – Sejak diberlakukannya aturan larangan mudik Lebaran 2021 pada Kamis (6/5) kemarin, Polresta Bandung gencar lakukan penyekatan.

Pos Penyekatan di Cileunyi pada dini hari tadi terpantau tidak banyak kendaraan yang melintas atau terindikasi melakukan mudik.

Hal itu juga dikatakan oleh Kepala Urusan pembinaan Operasi (KBO) Sat Lantas Polresta Bandung, IPTU Sugiharto bahwa kondisi lalu lintas untuk dini hari tadi cukup lengang.

“Untuk pantauan pada tadi malam sampai dini hari ini, untuk lulin (lulintas) yang keluar Tol Cileunyi sudah mulai menyepi,” kata Sugiharto kepada Jabar Ekspres di lokasi pada Jumat (7/5) dini hari.

Ia menjelaskan, dalam pemantauan sejak pukul 00.00 hingga 00.50 WIB, beberapa kendaraan telah sempat dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur.

“Untuk kendaraan yang diperiksa mulai tadi malam sampai saat ini kurang lebih 135 kendaraan,” ujarnya.

Selain itu, dari keseluruhan kendaraan yang diperiksa oleh tim gabungan di Pos Penyekatan Cileunyi, terdapat beberapa kendaraan yang terindikasi melakukan mudik.

“Kemudian untuk kendaraan yang diputar balikkan, yang indikasi mudik ada kurang lebih 40 kendaraan,” ucapnya.

Sementara itu, Sugiharto menjelaskan, hingga dini hari tadi melalui pantauan belum terdapat Travel gelap.

Meskipun demikian, Sugiharto menerangkan, sempat ada kendaraan yang memang dengan sengaja melakukan mudik dari wilayah luar Kota Bandung, namun berujung dengan diputar balikkan.

“Tetapi untuk mobil pribadi, ada penumpang berikut bawa barang dan tidak membawa persyaratan yang tidak ditentukan, cuma bawa KTP saja dan itupun di luar Bandung, jadi kita putar balikkan,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Sugiharto mengimbau kepada masyarakat yang memaksa untuk mudik Lebaran tahun ini agar tetap di rumah.

“Kepada masyarakat yang memaksa untuk mudik, lebih baik diam saja di rumah. Ikuti aturan pemerintah supaya kita sehat semua,” tuturnya.

Sugiharto menerangkan, apabila ada yang coba-coba untuk mudik, baik melalui jalur utama atau jalan alternatif, pihak jajaran Polresta Bandung telah bersiaga hingga ke jalur-jalur tikus. (Mg6/ynr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan