Tahap Semifinal Olimpiade Planet Sains 2021

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat anak-anak Indonesia untuk terus berprestasi. Dalam meningkatkan rasa ingin tahu dan menumbuhkan minat sains dikalangan siswa Sekolah Dasar di Indonesia, Planet Sains mengadakan Olimpiade Planet Sains 2021 Tahun ke-5 Tingkat Nasional yang bertema “Lejitkan Potensi Anak Indonesia dengan Eksperimen Sains”.

“Tujuan Olimpiade ini adalah untuk memicu dan menjaring anak-anak hebat yang berbakat menjadi ilmuwan hebat Indonesia. Anak-anak yang nantinya menjadi lokomotif penemuan besar yang akan membantu Indonesia berkompetisi ditingkat global,” tutur Ir. Hari Utomo, Direktur Utama Planet Sains.

Olimpiade ini berisi butiran soal-soal berdasarkan kit eksperimen sains sehingga anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan karena seperti sedang bermain. Kategori dalam perlombaan ini dibagi menjadi 3 level, yaitu Level 1 (Kelas 1-2) , Level 2 (Kelas 3-4) dan Level 3 (Kelas 5-6).

Seluruh rangkaian olimpiade dilaksanakan secara online. Pelaksanaan secara online membuat sebaran peserta menjadi lebih luas. Peserta Olimpiade Planet Sains 2021 ini tersebar dari beberapa provinsi di Indonesia, yaitu dari 12 Provinsi diantaranya Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Banten, Jawa Timur, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Bali serta dari WNI dari luar negeri, yaitu Kuwait.

Tahap Penyisihan sudah diselenggarakan pada hari sabtu, 13 Maret 2021 tahap olimpiade ini dilakukan melalui laman olimpiade.planetsains.com. Sebanyak 322 peserta dinyatakan lolos Tahap Penyisihan dan melanjutkan ke Tahap Semifinal. Tahap Semifinal dilaksanakan pada 2 Mei 2021, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Sebagai bentuk sportivitas dan menjunjung nilai-nilai kejujuran, peserta diawasi oleh panitia melalui Zoom Meeting.

Peserta yang lolos dari Tahap Semifinal akan melanjutkan ke Tahap Final. Tahap Final ini berbeda dengan tahap sebelumnya karena terbagi menjadi dua, yaitu tes tulis dan tes eksperimen. Tahap Final akan dilaksanakan pada 3 dan 4 Juli 2021. Seluruh peserta yang mengikuti Tahap Final akan mendapatkan medali.

Olimpiade ini memperebutkan Piala Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gubernur Jawa Barat, dan Walikota Bandung. Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat di setiap tahap. Seluruh Finalis akan mendapatkan medali. Slogan “Berani Mencoba” digunakan para peserta sebagai salah satu tanda semangat untuk mengikuti Olimpiade Planet Sains 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh harapan bahwa pandemi bukanlah halangan untuk tetap berprestasi. Setiap anak Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi ilmuwan hebat di masa depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan