Selalu Tumpah Ruah, Begini Cara Kelola Sampah Biar Jadi Rupiah

BANDUNG – Sampah sudah menjadi masalah klasik yang tak kunjung tertangani dengan baik. Berbagai macam program untuk memberi solusi penanganan sampah sudah banyak dilakukan, namun apa daya kenyataannya jauh panggang dari api.

Mulai dari pilah sampah hingga keberadaan bank sampah belum juga memberikan dampak positif yang maksimal.

Melihat hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencoba berkolaborasi dengan kecanggihan teknologi dalam penerapan program sampah.

Bersinergi dengan Octopus, sebuah platform ekonomi sirkular aplikasi digital yang bergerak di sektor sampah dan PT. Namasindo Plas, Ridwan Kamil mengutarakan bahwa sampah yang saat ini ada sekitar dapat memberikan nilai financial bagi seluruh environmental.

“Saya dulu cerita sirkular ekonomi itu nggak nemu, sekarang ada karena ada pabriknya Pak Yanto maka akhirnya saya bilang Jawa Barat punya namanya sirkular ekonomi dimana setelah dipakai sampahnya dia kembali keteknologi dan dipakai lagi, dalam perjalanannya orang-orang dapat ekonominya,” ujar Ridwan Kamil dalam acara Japri.

Dalam acara yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (6/5) tersebut, Ridwan Kamil mengatakan bahwa dengan adanya Octopus ini sirkular ekonominya menjadi sempurna untuk mendorong masyarakat berkonstribusi lebih baik lagi saat mengolah sampah.

“Saya lihat apa bedanya Octopus dengan yang lain, kelebihan Octopus ini menyederhakan proses keorang awam, jadi tinggal download aplikasinya terus nanti seperti order online, si pelestari atau pemulungnya ini yang akan datang kerumah untuk mengambil sampahnya dan melakukan bid,” lanjut gubernur.

Ridwan Kamil turut mengatakan bahwa dengan memilah sampah rumah tangga dengan baik selain dapat membantu pengelolaan sampah, juga dapat menambah penghasilan.

“Pendapatannya bisa tinggi, bahkan ibu-ibu yang tadi ngeklik (order pelestari) itu bisa dapet pendapatan untuk effortnya memilah dan memilih, bahwa semua itu dapet duit dari proses menyelamatkan lingkungan,” tutupnya. (MG7/son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan