Jadi Penopang Ekonomi, Pemda KBB Dorong UMKM Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

NGAMPRAH – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus mendorong tumbuh kembang pelaku UMKM. Ini dikarenakan secara makro, ekonomi nasional juga ditopang oleh para pelaku UMKM yang tetap eksis meski terkena krisis.

Ketua DPRD KBB Rismanto menyebutkan, kehadiran UMKM di KBB yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) bisa menjadi penopang ekonomi daerah.

“Pemerintah berkepentingan untuk membesarkan pelaku UMKM, makanya pemda harus berkolaborasi membesarkan pelaku-pelaku usaha kecil,” terangnya dalam kegiatan Inkubasi Hipmikindo KBB, Rabu (5/5).

Dirinya sangat mengapresiasi daya juang dan ketangguhan para pelaku usaha dalam menghadapi pandemi Covid-19. Mengingat tak sedikit UMKM yang akhirnya menyerah pada keadaan.

“Untuk itu jejaring komunitas dan jalinan kerja sama kemitraan harus terus dibangun, seperti dengan pihak perbankan, atau market place untuk pemasaran online,” terangnya.

Ketua Hipmikimdo KBB, Saiful Rachman menyebutkan, meski sedang dalam suasana Ramadan pihaknya terus melakukan berbagai kegiatan. Seperti kegiatan Inkubasi bisnis yang bekerja sama dengan Bank BJB, pelatihan, pemberian santunan, donasi, dll.

“Diawali dengan kegiatan ngabuburit dengan BPJS Ketenagakerjaan, kemudian berbagi takjil, santunan ke anak yatim dan pembagian masker di Yayasan Nurul Mukhtariyah,” kata Saiful.

Selain untuk berbagi kepada sesama, kegiatan itu juga dalam upaya mendorong pengusaha mikro, kecil, dan menengah untuk tetap eksis menjalani usahanya.

“Kami ingin memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk berbagi, berkarya, dan tetap eksis meskipun kondisi ekonomi belum pulih akibat Covid-19. Sambil kita juga mencari peluang-peluang bisnis baru,” tuturnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan