Ayo Ajukan Kredit  Tanpa Agunan Sampai 100 Juta ke BRI, BNI dan Bank Mandiri, Syaratnya Enggak Bikin Ribet!

JAKARTA – Melalui lembaga perbangkan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian subsidi bunga pinjaman kredit usaha rakyat (KUR).

Selain itu,  pemerintah juga menaikkan plafon pinjaman KUR tanpa agunan sampai dengan Rp 100 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR sehingga menjadi 3 persen selama 6 bulan dari 1 Juli 2021 hingga 31 Desember 2021.

Untuk itu, bagi para masyarakat memiliki usaha kecil yang ingin mengajukan kredit dengan bunga rendah maka kesempatan ini dapat digunakan sebaik-baiknya. Terlebih, kredit yang diajukan tidak perlu ada jaminan.

‘’Kebijakan ini bertujuan untuk menggairahkan sektor UMKM di tengah pemulihan ekonomi nasional,’’kata Airlangga kepada wartawan, Rabzu, (5/5).

Untuk mendapatkan KUR tanpa jaminan masyarakat dapat melalui bank BUMN, yaitu BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

Di BRI, jenis KUR tanpa jaminan yaitu KUR Mikro dan KUR TKI. Masyarakat bisa mengajukan secara online melalui https://kur.bri.co.id/, tanpa harus keluar rumah.

Adapun syarat pengajuannya KUR Mikro  di BRI adalah sebagai berikut:

– Individu (perorangan) yang  memiliki usaha produktif dan layak

– Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan

– Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.

Untuk persyaratan administrasi sangat mudah, di antaranya, Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha.

Selain itu, bank BNI juga menyalurkan KUR khusus untuk  Tenaga Kerja Indonesia (TKI). KUR ini diberikan agar para calon pekerja migran Indonesia memiliki bekal selam bekerja di luar negeri.

Adapun syarat dari KUR TKI adalah sebagai berikut,

– Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.

– Persyaratan administrasi: Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga Perjanjian kerja dengan pengguna jasa Perjanjian penempatan Passpor Visa Persyaratan lainnya sesuai ketentuan. Untuk BNI, nasabah bisa mendaftar melalui eform.bi.co.id, yang bisa dilakukan melalui komputer maupun telepon genggam.

Persyaratan Umum KUR Mikro dan KUR TKI:

– Tidak sedang menerima fasilitas kredit usaha/produktif dari perbankan lain dan atau tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah (kecuali KUR di BNI).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan