Penyekat Jalan Sering Dibuka Anak jalanan dan Dijadikan Objek Pungli, Wawalkot: Harus Ditangkap

BANDUNG – Kebijakan penutupan sejumlah ruas jalan yang dilakukan Pemkot di Kota Bandung, seiring upaya relaksasi ekonomi telah diberlakukan sejak Bulan Maret lalu. Penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Bandung ini telah melalui beberapa revisi yang menyesuaikan dengan jam operasional bidang usaha yang diberi relaksasi.

Langkah ini dilakukan demi memberikan ruang bagi pelaku ekonomi. Pengendalian dengan penutupan jalan tetap dilakukan namun waktu mulainya yang disesuaikan. Namun meski telah diberikan kebijakan dan diberikan ruang untuk para pelaku ekonomi, penutupan jalan ini masih tetap dilanggar oleh oknum-oknum tertentu dan dijadikan sarana pungutan liar.

Hal ini dilaporkan oleh salah satu warga yang melintas di sekitar Jalan Asia Afrika pada Senin Malam 3 Mei 2021.

“Ini kan sudah ada kebijakan pemerintah ya kalau jalan itu di tutup di waktu-waktu tertentu, tapi saya lihat banyak anak-anak yang jadi petugas buka tutup jalan di Jalan Asia Afrika, enggak cuma di Jalan Asia Afrika tapi di Jalan Dipatiukur, Dago dan sekitarnya juga banyak. Terus dijadiin sarana pungutan liar, pengendara yang melintas dipintain uang, semoga ada tindak lanjut ya dari pemerintah” ujar Anna (22) saat diwawancarai Selasa (04/05/2021)

Terkait hal tersebut, Yana Mulyana Selaku Wakil Walikota Bandung pun mengimbau bahwa hal yang tengah terjadi itu harus segera di tindak lanjuti dan oknum yang terlibat bisa segera ditangkap.

“Kalau bener ada itu mah saya suruh tangkap aja lah, gak boleh atuh kan itu demi kebaikan. Saya ingetin pandemi itu belum selesai. Aduh kita pemerintah mah nggak pernah lelah, gak pernah mau berhenti mengingatkan protokol kesehatan” ungkap Yana saat diwawancarai di Trans Luxury Hotel Pada Selasa (04/05/2021).

Menurut Yana hal tersebut merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak menghargai pemerintah yang tengah berupaya mencegeh penyebaran Covid-19 di Kota Bandung.

“Kan kita upaya waktu itu menghindari kerumunan di Dipatiukur. Sampai ada oknum itu aduh buat saya dzolim atuh eta mah meskipun demi kepentingan ekonomi termasuk ini juga jadi seolah-olah dzolim juga, makanya saya tekankan tangkep aja” imbuhnya. (NR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan