Jelang Libur Lebaran, FK3I Jabar Minta Pengelola Wisata Mampu Atasi Lonjakan Sampah

BANDUNG – Ketua PB Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat, Dedi Kurniawan meminta para pengelola dan pemilik tempat wisata untuk memerhatikan kemungkinan terjadinya lonjakan limbah sampah yang dihasilkan dari para wisatawan jelang libur lebaran nanti.

Apalagi, menurutnya, hingga saat ini para pengelola kawasan dan pemilik wisata masih belum mementingkan dan peduli terhadap kelestarian lingkungan.

“Diprediksi Liburan Lebaran Saat Ini walau akan berbeda dengan lebaran-lebaran sebelum masa pandemi covid-19. Namun kami tetap meminta perhatian serius kepada para pihak,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima.

Menurut Dedi, wilayah Bandung Utara saat ini memiliki banyak lokasi wisata sehingga perlu dilakukan penertiban dan penataan oleh pemangku kebijakan.

Selain itu juga, ujar Dedi, Pemkab Bandung, Perhutani dan Pemda harus melakukan sirkulir secara efektif di wilayah selatan.

“Walau di sisi lain sektor pariwisata yg sedang terpuruk dicoba dihidupkan perlahan, namun jangan sampai mengabaikan kaidah lingkungan, keamanan terutama kesehatan semua pihak,” imbuhnya.

Maka dari itu, dirinya pun menilai pemerintah harus memberi edukasi kepada para pengunjung dan pengetatan pengelola kawasan patroli pemangku kawasan serta himbauan rutin pemerintah daerah perlu dilakukan.

“Dan yang utama adalah pencegahan penularan Covid-19,” tambahnya.

Di samping itu, dia juga menyoroti statement Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan yang memberikan keleluasaan bagi para pengunjung wisata jelang libur lebaran nanti.

Menurutnya, hal tersebut perlu diantisipasi secara tegas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kasus kebakaran yang dipicu sampah.

“Kami berharap lebaran saat ini sebagai momentum perbaikan pengelolaan dan pengendalian lingkungan di areal wisata dan penerapan aturan ketat,” pungkasnya. (mg1/boy)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan