Gelar Sekolah P3SPS, KPID Jabar Dapatkan Apresiasi dari Komisi I

KOTA BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengapresiasi  Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Barat yang menggelar Sekolah P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran) yang diikuti oleh para unsur akademisi dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Barat.

Sekolah P3SPS tersebut merupakan upaya partisipasi publik dalam melakukan pengawasan untuk menyuguhkan penyiaran yang bermutu.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman mengatakan, sebagai ruang publik KPID harus memiliki langkah konkrit untuk menciptakan penyiaran yang bermutu dan bersih di Jawa Barat.

Bedi mengungkapkan, hadirnya P3SPS dapat memperpanjang barisan mata rantai pengawasan publik terhadap produk penyiaran.

“Bagaimana untuk menentukan penilaian terhadap produk penyiaran,” ujar Bedi seusai membuka acara Sekolah P3SPS di KPID Jabar, Jalan Malabar, Kota Bandung, Selasa (4/5/2021).

Selain itu Bedi berharap, dalam waktu yang cepat, akan terwujud masyarakat yang dewasa dalam mencerna informasi publik. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tergiring untuk percaya dengan hal yang berbau klenik dan mistik.

“Justru dengan adanya penayangan (mistik dan klenik) seperti itu bisa membangun opini negatif dan bisa menjadi berbahaya bagi masyarakat,”kata Bedi.

Lebih lanjut, Bedi menilai, perlu adanya kajian terhadap perkembangan terbaru mengenai regulasi yang berasal dari Pemerintah Pusat. Seperti beralihnya TV analog ke TV digital maupun UU Omnibus Law tentang penyiaran. Sebab hal itu akan berdampak pada Peraturan Daerah (Perda).

“Jangan sampai ketika masyarakat harus masuk ke era TV Digital, sementara tidak ada kesiapan dari sisi perangkat. Hal ini tentunya akan menyulitkan. Lantaran ke depannya TV Digital akan semakin banyak, dan ini merupakan tantangan besar,”paparnya.

“Bahkan diprediksi, bisa mencapai tiga sampai 10 kali lipatnya dari TV analog yang ada sekarang,”pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan