Alhamdulillah, RSHS Sukses Lakukan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Hasna – Husna

BANDUNG – Hasna Alfa Thunisa Nugraha dan Husna Alfa Thunisa Nugraha (Hasna-Husna) bayi kembar siam asal Kuningan ini bisa pulang ke kampung halamannya. Hasna-Husna kini terlihat terlihat ceria usai melakukan operasi pemisahan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.

Pada tanggal 7 April 2021 lalu, tepatnya saat berumur 8 bulan, kembar siam Hasna dan Husna yang merupakan anak kedua dan ketiga dari pasangan Tia Setiadi Nugraha dan Oom Komariah menjalani operasi pemisahan.

Hasna-Husna mengalami kondisi dempet di tulang dada dan dempet di organ liver, juga selaput jantung yang hanya satu, sedangkan organ-organ lainnya independen.

“Terima kasih kepada semuanya yang telah turut berpartisipasi atas kesehatan kedua anak saya,” ucap Oom Komariah saat hendak pulang di RSHS Kota Bandung, Selasa (4/5).

Oom terlihat bahagia dan penuh rasa syukur atas keberhasilan operasi kembar siam kedua putrinya. Sebab, kini mereka bisa kembali pulang ke kampung halaman dalam kondisi sehat walafiat.

“Alhamdulillah, terima kasih para dokter dan staf perawat RSHS Bandung, yang telah menjaga dan merawat Hasna-Husna selama di rumah sakit ini,” katanya.

Oom bercerita, perasaannya campur aduk antara bahagia sekaligus sedih dan khawatir saat mengetahui buah hatinya harus menjalani tindakan operasi pemisahan.

“Perasaannya campur aduk ya. Bahagianya karena Hasna dan Husna, akhirnya bisa menjalani operasi pemisahan. Tapi juga sedih dan takut juga, takut kenapa-kenapa saat menjalani operasi. Sedih juga karena anak sekecil itu harus melalui proses operasi besar seperti sekarang,” ceritanya.

Ia mengatakan, sebelum tindakan operasi dilakukan, dokter yang akan menangani tindakan operasi pemisahan sudah berkomunikasi dengannya terkait konsekuensi yang dapat terjadi saat dan pascaoperasi tersebut.

Menurutnya, apabila kedua bayi mampu menjalani operasi dengan lancar tanpa dampak apapun, ia yakin mereka akan tumbuh sehat dan hidup normal.

“Kalau dedek bisa menerima, tubuhnya kuat dan sehat, maka InsyaAllah tidak akan ada apa-apa dan tidak akan ada tindakan operasi selanjutnya,” katanya sembari mata berkaca-kaca.

Ia hanya berharap, kedua bayinya dapat melalui proses operasi secara lancar, kuat dan sehat, dan segera dapat meninggalkan ruangan operasi.

Tinggalkan Balasan