Ternyata 83 Persen Pekerja Indonesia Ingin Ada Opsi Kerja Remote

Namun, lanjutnya, ada sejumlah tantangan baru yang perlu diantisipasi. Seperti adanya ancaman kelelahan digital. Di Indonesia, 40 persen pekerja mengalami penurunan interaksi dengan rekan kerja (yang dapat membahayakan inovasi). Lalu, sebanyak 61 persen pekerja merasa terlalu banyak bekerja. Sementara itu, 68 persen pekerja dari Generasi Z mengatakan mereka kesulitan untuk bertahan.

“Meningkatnya waktu yang dihabiskan dalam rapat dapat menjadi salah satu faktor utama perasaan tersebut. Menurut studi terbaru Microsoft tentang aktivitas gelombang otak, rapat berturut-turut dapat menurunkan kemampuan orang untuk fokus dan terlibat dalam rapat. Transisi di antara rangkaian rapat juga bisa menjadi sumber stres yang tinggi,” paparnya.

Microsoft telah mengidentifikasi beberapa strategi bagi para pemimpin bisnis untuk mulai melakukan perubahan. Yaitu perlunya perencanaan untuk memberdayakan orang dengan fleksibilitas tinggi. Kemudian, mengatasi kelelahan digital, menata ulang ruang dan teknologi guna menjembatani dunia fisik dan digital. Serta membangun kembali aspek sosial dan budaya. (antaranews)