Ini Fakta Covid-19 Varian Baru dari India yang Mulai Menyebar di Indonesia

“Varian itu yang membuat kemungkinan besar bahwa itu adalah B.1.617,” katanya. Tetapi Murray memperingatkan bahwa data pengurutan gen pada virus corona di India jarang, dan banyak kasus juga didorong oleh varian Inggris dan Afrika Selatan.

Carlo Federico Perno, Kepala Diagnostik Mikrobiologi dan Imunologi di Rumah Sakit Bambino Ges Roma, mengatakan varian India bukan satu-satunya alasan. Lonjakan besar di India tersebut, kemungkinan berkaitan dengan pertemuan sosial yang besar, yaitu acara yang menimbulkan kerumunan.

Perdana Menteri Narendra Modi telah dikritik karena mengizinkan demonstrasi politik besar-besaran. Selain itu, kerumunan di festival keagamaan juga menjadi acara yang sangat menyebarkan infeksi dalam beberapa pekan terakhir.

 

Apakah vaksin menghentikan infeksi?

Satu titik terang adalah bahwa vaksin mungkin bersifat protektif. Kepala penasihat medis Gedung Putih Anthony Fauci mengatakan awal pekan ini bahwa bukti awal dari penelitian laboratorium. Hasilnya menunjukkan Covaxin, vaksin yang dikembangkan di India, tampaknya mampu menetralkan varian tersebut.

Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan sedang bekerja dengan mitra internasional. Saat ini tidak ada bukti varian India dan dua varian terkait menyebabkan penyakit lebih parah atau membuat vaksin kurang efektif. (antaranews)

Tinggalkan Balasan