Ada Pekerjaan Jalan, Gerbang Tol Cileunyi Ditutup, Ini Jadwalnya

BANDUNG – Pemasangan Steel Box Girder di gerbang Tol Cileunyi mulai dilakukan pada Selasa (27/4) dini hari.

Adapun waktu pengerjaan dalam pemasangan Steel Box Girder tersebut dimulai pada pukul 00.00 WIB hingga sekira pukul 04.00 WIB.

Untuk memperlancar pekerjaan tersebut, Sat Lantas Polresta Bandung melakukan rekayasa jalan dengan menutup jalan keluar masuk gerbang Tol Cileunyi selama pekerjaan jalan berlangsung.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu 2, Erwin Herlambang Kuncoro Putra mengatakan, untuk tahap awal pihaknya masih perlu menguasai alur pemasangan Steel Box Girder.

“Biasanya setiap yang perdana itu dari alur yang paling tepat, ritmenya, jadi kemudian bisa kita evaluasi,” kata Erwin kepada Jabar Ekspres di gerbang Tol Cileunyi pada Rabu (28/4) dini hari.

Ia melanjutkan, bahwa pada tahap kedua pemasangan Steel Box Girder nanti dapat berjalan lancar tergantung cuaca.

“Kalau cuaca dan situasi memungkinkan akan diselesaikan dua Girder. Besok insya Allah selesai empat lins Girder,” ujarnya.

Sementara itu, pemasangan Steel Box Girder tahap awal memakan waktu sekiranya 40 menit dari waktu yang ditentukan sebelumnya yaitu 15 menit.

“Tergantung keterampilan dari operatornya juga. Kalau untuk situasi lapangan sudah kami cek secara berkala. Besok juga akan kami cek lagi,” tuturnya.

Untuk bobot dari satu Steel Box Girder, ucap Erwin, memiliki berat 160 ton dengan panjang 60 meter.

Ia menjelaskan, Steel Box Girder yang dipasang tersebut nantinya akan berfungsi sebagai penghubung jalur menuju Bandung-Jakarta.

Terkait penutupan jalan akibat adanya proses pemasangan Steel Box Girder, Herman menerangkan bahwa pihaknya telah menetapkan jangka waktu yang cukup.

“Berapa lama untuk dipasang, kisarannya ada di pukul nol-nol (00.00 WIB) hingga pukul empat (4.00 WIB),” pungkasnya.

Erwin mengimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi dan memilih waktu yang tepat untuk melintasi gerbang Tol Cileunyi, agar perjalanannya tak tertahan ketika proses pemasangan Steel Box Girder berlangsung.

“Agar bisa memilih, jalur-jalur alternatif apabila tidak ingin terjadi kemacetan,” tutup Herman. (Mg6)

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan