Polda Jabar Cek Kesiapan Penyekatan di Terminal Tanjungpura

KARAWANG-Karo Ops Pol­da Jabar, Kombes Stephen M Napiun melakukan pengece­kan kesiapan salah satu ti­tik penyekatan di Terminal Tanjungpura, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Selasa (27/4).

Kombes Stephen menga­takan, pihaknya mengecek kesiapan di 151 titik pe­nyekatan yang ada di Jawa Barat. Dimana di Kabupaten Karawang ada 15 titik lokasi penyekatan, diantaranya ada 2 titik di perbatasan DKI Jakarta dan 4 titik perbatasan dengan Kabupaten Bekasi.

“Kita harus antisipasi dan memberikan rasa aman kepada pengguna jalan (masyarakat) yang melintas di wilayah tersebut, tetapi bukan untuk mudik. Karena sudah resmi ada larangan mudik dari pemerintah,” kata Kombes Stephen kepada wartawan seusai kunjungan di Pos Lantas Tanggung di Terminal Tanjungpura.

Menurut Stephen, laran­gan mudik ini harus disikapi dengan bijak oleh masyrakat, karena nantinya bakal ber­dampak akan jangka panjang. Maka titik-titik penyekatan yang ada di Jawa Barat bakal mengedepankan satuan tu­gas (Satgas) Covid-19. Serta mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menahan diri untuk tidak mudik.

“Kita harus menghindari kejadian kasus covid-19 yang terjadi di India. Pada intinya pemerintah itu peduli ke­pada masyarakat Indonesia supaya tidak kejadian pen­ingkatan kasus covid-19,” jelas Stephen.

Lanjut Stephen, pihaknya tidak menampik pasti ada masyakat yang nekad melak­sanakan mudik. Bilamana masyarakat tetap mudik dan syarat-syarat tidak terpenuhi seperti surat perjalanan, surat bebas Covid-19 (PCR, antigen dan geNose) bersiap bakal diputarbalikan.

“Kita juga mengerahkan 17 ribu personel Polri dan ditambah 5 ribu personel TNI serta instansi terkait. Se­lain itu juga di jalur tol akan diperketat titik penyekatan rest area dan di gerbang tol seperti di Karawang, Purwa­karta, Subang, Bandung dan Cirebon,” ungkap Stephen.(aef/vry)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan