Tuntaskan Vaksinasi, Dinkes Fokus Sasar Pelayan Publik dan Lansia

NGAMPRAH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus bekerja ekstra untuk menyukseskan program vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah pusat dalam upaya penanganan Covid-19. Saat ini fokus menuntaskan sasaran vaksinasi bagi kalangan lansia.

Berdasarkan catatan Dinkes, animo vaksinasi bulan Ramadan bagi lansia masih bagus hanya saja ketersediaan vaksin belum memenuhi. Data per tanggal 22 April 2021, sasaran lansia sebanyak 143.180 atau dosis pertama sudah di angka 4,9% (7.014). Untuk sasaran pelayanan publik di angka 69.388 atau dosis pertama 99,13 % (59.864)

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Dr. dr Eisenhower Sitanggang mengatakan, program vaksinasi bagi lansia terus digencarkan sambil menunggu tambahan dosis vaksin.

“Data per tanggal 22 April 2021, sasaran lansia sebanyak 143.180 atau dosis pertama sudah di angka 4,9% (7.014). Untuk sasaran pelayanan publik di angka 69.388 atau dosis pertama 99,13 % (59.864),” katanya, kemarin.

Pihaknya optimistis target penyelesaian vaksinasi Covid-19 di KBB akan ditustaskan dengan cepat seiring dengan distribusi jatah vaksin yang diterima. “Intinya kalau jatah vaksin terkirim sesuai harapan maka program vaksinasi lebih cepat diterima oleh masyarakat. Karena fokus kami sekarang program ini bisa tuntas dan cepat,” terangnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan menjelaskan, salah satu fokusnya usai mengemban amanah baru yakni penanganan Covid-19 termasuk di dalamnya menyukseskan pelaksanaan vaksinasi di tengah masyarakat.

“Sebenarnya kalau jangka pendek kita fokus ke penanganan Covid-19. Jadi proses vaksinasinya kita geber, kita minta beberapa pihak swasta membantu,” katanya.

Belum lama ini, Hengki juga sempat meninjau pelaksanaan vaksinasi masal khusus lansia mendampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Menteri BUMN Erick Thohir bertempat di Eldorado Convention Hall Jl. Dr. Setiabudi 438 Bandung dengan kuota untuk Warga KBB sebanyak 500 orang per hari.

“Semangat untuk tenaga medis yang sudah bekerja keras dan bertugas. Semoga pandemi segera berakhir dan ikhtiar ini mendapatkan ridho dari Allah SWT. Pemerintah juga terus berupaya seoptimal mungkin agar program vaksinasi berjalan sukses dan lancar. Termasuk warga juga tetap patuh menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan,” tandasnya. (adv/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan