Jaga Jalur Tikus Mudik, Dishub KBB Minta Bantuan Aparat Kewilayahan

NGAMPRAH – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat meminta peran aktif dari unsur kewilayahan untuk turut membantu melakukan pengamanan di jalur tikus atau alternatif pada mudik Lebaran 2021 nanti.

Jalur tikus sendiri menjadi jalur alternatif yang berpotensi dilalui pemudik untuk menghindari penyekatan di jalur arteri. Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat sendiri menyebut ada sejumlah jalur tikus di wilayah Bandung Barat.

Kepala Dishub KBB, Lukmanul Hakim, mengatakan jika keterbatasan personel jadi salah satu permasalahan untuk terus menjaga jalur tikus mengantisipasi pemudik kucing-kucingan dengan petugas.

“Kita siagakan 102 personel, tapi kan sudah disebar ke beberapa titik. Untuk personel sendiri itu kita alami keterbatasan, jadi peran serta aparat kewilayahan di desa, Babinsa, Babinkamtibmas penting membantu mengamankan jalur tikus,” ujar Lukmanul kepada wartawan, Selasa (27/4).

Jalur alternatif yang diantisipasi pasca lebaran menuju objek wisata Lembang diantaranya Jalur Barat yakni melalui Jakarta/Cianjur – Padalarang (Tol Purbaleunyi) – Panaris – Pemkab Bandung Barat – Cisarua – Parongpong – Lembang.

Lalu Jalur Tengah Cimahi – Jalan Kolonel Masturi – Cisarua – Parongpong – Lembang

Serta Jalur Utara Jalan Sersan Bajuri Via Parongpong – Jalan Punclut Via Ciumbuleuit – Jalan Punclut Via Dago (Perumahan Grand Citra) – Jalan Dago Giri – Langensari – Lembang – Subang – Jalan Tangkuban Parahu – Lembang – Parongpong – Cisarua – Tol Purbaleunyi – Jakarta

“Untuk jalur tikus di KBB itu cukup banyak dan keberadaannya akan jadi alternatif pemudik. Cuma kalaupun lewat jalur tikus, nanti akhirnya akan bermuara ke jalur arteri juga,” katanya.

Untuk menyekat arus mudik Lebaran 2021, pihaknya menyiapkan dua titik penyekatan arus lalulintas pada masa pelarangan mudik libur Lebaran 2021 nanti. Titik tersebut berada di Gerbang Tol Padalarang dan di Cikole, Lembang.

Namun Dishub juga turut menyiapkan posko pengamanan dan penghitungan kendaraan di ruas jalan raya mengantisipasi pergerakan kendaraan aglomerasi Bandung Raya. Adapun titiknya berada di Simpang Tagog Padalarang dan Cikole, Lembang yang berbatasan dengan Subang.

“Kita sediakan posko penyekatan mudik yang dilakukan oleh kepolisian dan didukung Dishub. Ada juga pos pengamanan dan penghitungan di titik yang berbeda,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan