Bandung Alumni Fight Covid-19 Akan Fasilitasi Penyuntikan Vaksin Bagi Lansia di Jawa Barat

KAB.BANDUNG BARAT – Angka pasien penderita Covid-19 menunjukkan bahwa kaum lansia merupakan kelompok yang paling rentan terpapar virus dibandingkan kelompok lainnya. Oleh sebab itu, Pemerintah saat ini tengah masif mengadakan vaksinasi yang menyasar kalangan lansia guna tercipta kekebalan kelompok atau herd immunity.

Untuk mempercepat misi pemerintah tersebut, (BAFC19) yang dibantu Yayasan Dharma Wulan dan KILLCOVID19, akan menggelar rangkaian kegiatan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) dan pendamping lansia di 12 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Roadshow kegiatan ini ditandai dengan vaksinasi massal di Kota Bogor dan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu(24/4).

Lansia peserta vaksinasi duduk menunggu giliran dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Foto: Boy Darmawan, Jabar Ekspres

Ketua Panitia Vaksinasi Massal BAFC19, Yudy Unamo, dalam keterangannya mengatakan, percepatan herd immunity terhadap masyarakat Jabar menjadi dasar kolaborasi untuk berkontribusi aktif dalam mendukung program pemerintah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

“Masyarakat yang sehat merupakan modal utama dalam pembangunan Jawa Barat, baik kota maupun kabupaten,”ujar Yudy dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, antusiasme para lansia dan pendamping dalam mengikuti program ini terbilang
tinggi. Pasalnya, syarat yang diperlukan untuk menerima suntikan vaksin tidak tergolong berat.

“Seluruh prosedur vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu usia di atas 60 tahun untuk peserta lansia dan usia 18 -59 tahun untuk pendamping lansia, serta ber-KTP Kota Bogor, cukup itu saja,” tulisnya.

Yudy mengatakan, seluruh penerima vaksin harus memenuhi beberapa syarat kesehatan yang diwajibkan sebelum disuntik vaksin. DI antaranya seperti suhu tubuh maksimal 37,5 derajat celcius, tekanan darah maksimal 180/90 dan persyaratan kesehatan lainnya. Lalu setelah itu, mereka akan diobservasi selama 30 menit untuk memastikan seluruh penerima vaksin dalam keadaan baik.

 

Kerja Sama dan Dedikasi Pihak Terkait untuk Sukseskan Vaksinasi

Sekjen Yayasan Dharma Wulan, Tjatur Rini Saptowati mengatakan, keberhasilan program vaksinasi massal tersebut merupakan buah kerja sama dan dedikasi yang tinggi antar pihak terkait. Apalagi jumlah lansia yang akan divaksin akan mencapai ribuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan