Bos Juventus Andrea Agnelli Lengser, Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi Pimpin Asosiasi Klub Eropa

PARIS – Bos raksasa Ligue 1 ini akan mengambil alih estafet kepemimpinan ECA dalam perombakan besar-besaran pasca-rencana pembentukan Liga Super Eropa.

Presiden Paris Saint-Germain, Nasser Al-Khelaifi, resmi ditunjuk sebagai chairman baru European Club Association [ECA] alias Asosiasi Klub Eropa.

Al-Khelaifi menggantikan presiden Juventus, Andrea Agnelli, yang memutuskan mundur. Nama kedua undur diri dari ECA sebagai respons atas pembentukan Liga Super.

Agnelli menjabat sebagai wakil ketua Liga Super. Ia berada di bawah ketua yang sekaligus presiden Real Madrid, Florentino Perez. Meskipun megaproyek tersebut kini telah ditangguhkan.

Al-Khelaifi dinobatkan sebagai pengganti Agnelli setelah klubnya, PSG, menolak undangan untuk bergabung dengan kompetisi tandingan yang nyatanya cuma seumur jagung itu.

“Saya merasa terhormat dan tersanjung telah ditunjuk oleh sesama Anggota Dewan Eksekutif ECA sebagai Ketua,” ucap Al-Khelaifi dalam sebuah pernyataan dilansir dari goal.com.

“Kepemimpinan, integritas, dan kebersamaan organisasi kami sangat dibutuhkan pada momen penting dalam sepakbola Eropa saat ini.”

“Saya akan memberikan komitmen tanpa syarat saya kepada seluruh komunitas sepakbola: itu berarti bagi semua Klub Anggota ECA dari setiap negara Eropa, serta untuk para fans dan komunitas yang mereka wakili.”

“Saya, bersama dengan semua Anggota Dewan dan Klub ECA, ingin memperkuat ECA dalam perannya sebagai suara yang sah dan tunggal dari klub-klub Eropa.”

“Sepakbola kita, yang dipuja oleh setiap generasi fans, hanya akan berkembang di bawah persatuan, dan itu adalah tugas kami sebagai penjaga sepakbola untuk memenuhi kewajiban ini,” pungkasnya.

Diektahui, pengusaha asal Qatar Al-Khelaifi , adalah presiden PSG sekaligus chairman beIN Media Group dan bos Qatar Sports Investments.

Pria berusia 47 tahun itu menjabat sebagai presiden dan CEO PSG sejak 2011 sekaligus memimpin kebangkitan klub menuju puncak kejayaan sepakbola Eropa. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan