oleh

Perlu Inovasi Baru, Wisata Gua Pawon di KBB Sepi Pengunjung

NGAMPRAH – Objek wisata edukasi Gua Pawon yang berada di Kampung Cibukur, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), nampaknya harus mendapatkan sentuhan dan inovasi baru untuk tetap menarik pengunjung.

Kawasan wisata Gua Pawon yang satu lingkungan dengan Karts Citatah itu semakin hari semakin sepi pengunjung. Kondisi itu sudah terjadi jauh hari sebelum bulan Ramadan tiba.

Petugas Retribusi Gua Pawon, Rubi mengatakan, mulai sepinya pengunjung yang datang, salah satu faktor penyebabnya karena sarana dan prasarana penunjang yang masih minim.

Baca Juga:  Data KPU Jadi Acuan Daftar Pemilih Pilkades di KBB

“Saya sering dapat komplain dari pengunjung karena toilet dan musala di sini jaraknya jauh. Bahkan katanya airnya pun kadang suka tidak mengalir,” ujar Rubi saat ditemui Selasa (20/4).

Menurut Rubi, dengan harga tiket masuk yang sangat murah yakni Rp 5.500 per orang termasuk asuransi, belum cukup menjadi salah satu upaya untuk menarik wisatawan datang. Apalagi saat ini mulai ada objek wisata baru yang lokasinya tidak begitu jauh dari Gua Pawon.

Baca Juga:  Pemda KBB Targetkan 113 Jalan Raya Terhubung

“Ada Indiana Camp, Stone Garden, Sanghyang Kenit, dan lainnya yang masih termasuk di kawasan Karst Citatah,” ucapnya.

Rubi pun menyebut, pengelola Gua Pawon kerap kali memberikan masukan maupun saran kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat agar kawasan wisata edukasi ini bisa menarik wisatawan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga