Emansipasi Wanita, TNI Buktikan dengan Dukung Wanita Kembangkan Karier Kemiliteran

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan, saat ini TNI membuka peluang seluas-luasnya bagi para prajuritnya, termasuk Wanita TNI untuk mengembangkan karier kemiliteran. Hal itu mendukung wanita TNI agar dapat mengembangkan kariernya di bidang militer sebagaimana kaum pria.

“Saat ini, para Kartini modern memiliki peluang yang sama dengan counterpart pria di berbagai medan pengabdian dan penugasan,” kata Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito pada Apel Bersama Wanita TNI, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, (21/4).

Apel bersama ini diselenggarakan bertepatan dengan hari lahir pejuang emansipasi dan pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April.

Menurut dia, Akademi TNI telah menjadi almamater tidak hanya bagi para Taruna tetapi juga Taruni. Wanita TNI pun telah ikut berpartisipasi dalam berbagai misi pemeliharaan perdamaian dunia di berbagai negara.

“Bahkan, TNI telah memiliki Perwira Tinggi Wanita yang menjadi bukti kemampuan para Wanita TNI untuk meniti jenjang karier. Hingga ke jenjang tertinggi,” kata Marsekal Hadi.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI mengatakan, tantangan ke depan akan semakin kompleks. Sehingga membutuhkan kemampuan prajurit untuk beradaptasi agar tidak tergerus perubahan.

Selain itu, kemajuan teknologi membawa berbagai paradoks. Salah satunya, teknologi komunikasi dengan media sosial dan internetnya. Teknologi ini tidak hanya bermanfaat untuk berbagai kegiatan positif, namun ada juga kejahatan lintas negara, radikalisme, dan terorisme.

Panglima TNI berpesan agar prajurit wanita terus membina diri dan melakukan peningkatan kemampuan. Terlebih, para prajurit wanita juga berperan sebagai ibu rumah tangga.

“Sebuah peran yang tidak kalah penting karena merupakan peran untuk menyiapkan generasi masa depan penerus bangsa,” kata Hadi.

Apel bersama itu diikuti 240 prajurit wanita TNI dan 25 perwakilan dari PNS wanita. (antaranews)

Tinggalkan Balasan