Jelang Akhir Jabatan Ngatiyana, Ini PR Besar Pemkot Cimahi

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah yang harus dituntaskan sebelum periode kepemimpinan Wali Kota-Wakil Wali Kota Cimahi periode 2017-2022 berakhir tahun depan.

Berbagai program lima tahunan era Wali Kota Cimahi nonaktif Ajay Muhammad Priatna yang kini diteruskan Ngatiayana sebagai Pelaksana Tugas Wali Kota Cimahi tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Huzein Rachmadi mengatakan, pihaknya optimis RPJMD periode 2017-2022 bakal tercapai sesuai target diakhir kepemimpinan saat ini.

“Ya optimis, tapi kan banyak faktor,” ujar Huzein saat ditemui di Pemkot Cimahi, Selasa (20/4/2021).

RPJMD tahun 2017-2022 sendiri terpaksa harus mengalami revisi seiring munculnya pandemi Covid-19, di mana hampir seluruh program yang sudah dipetakan itu harus terganggu.

Kemudian, revisi RPJMD juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) terbaru seputar Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Huzein mengatakan, RPJMD di Kota Cimahi sendiri sudah direvisi dan dibuat nota kesepakatan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi. Saat ini sedang dievaluasi Pemprov Jabar selama 14 hari.

“Nanti ada catatan, kita perbaiki. Lalu kita sampaikan lagi ke dewan untuk diparipurnakan,” ujar Huzein.

Huzein melanjutkan, adanya pandemi Covid-19 dan Permendagri terbarukan itu memaksa pihaknya harus merubah total RPJMD yang sudah dibuat diawal kepemimpinan Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi saat ini.

Meski ada perubahan, pihaknya optimis rencana yang tercantum dalam RPJMD itu tetap bakal tercapai. Saat ini masih ada sejumlah program pembangunan yang selalu tertunda setiap tahunnya.

Seperti revitalisasi Stadion Sangkuriang yang sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, dan kembali masuk perencanaan untuk dibangun tahun ini. Begitu juga dengan pembuatan Underpass Sriwijaya.

Keduanya masuk program prioritas Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi seputar pengentasan kemacetan dan sarana penyediaan tempat olahraga. Anggarannya sudah masuk dalam skema APBD Kota Cimahi Tahun 2021. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan