Tetap Olahraga Meskipun Sedang Puasa, Ini Waktu Terbaiknya

Namun, seperti yang telah Andhika utarakan sebelumnya, pertimbangkan durasi dan waktu latihan Anda. Untuk durasi, dokter spesialis kedokteran olahraga sekaligus staf pengajar di Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Listya Tresnanti Mirtha menyebutkan durasi 10-15 menit setelah sahur atau 30 menit menjelang waktu berbuka puasa, dengan frekuensi tiga kali dalam satu minggu.

“Intesitas latihan juga lebih ringan dari biasanya, waktu dibuat lebih singkat dan jenis latihan diutamakan yang bersifat aerobik,” ujar dia.

Saat berpuasa, kadar gula darah dan glikogen menurun. Tubuh membutuhkan waktu beradaptasi penggunaan zat lemak sebagai sumber energi dari yang semula memanfaatkan gula.

Di sisi lain, kadar cairan tubuh juga menipis dan jam tidur berubah karena Anda harus bangun sahur. Perhatikan asupan cairan Anda, setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari yang sejak berbuka puasa hingga menjelang imsak.

Tak hanya menjaga kebugaran fisik, melakukan latihan fisik atau olahraga saat Ramadhan juga dapat berdampak positif pada kesehatan mental. (antaranews)