Soal Penyaluran Dana BOS di Kota Cimahi, Begini Alur Mekanismenya

CIMAHI – Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diberbagai satuan pendidikan di Kota Cimahi selalu memperhatikan alur mekanisme yang berlaku dari pusat.

Hal ini dikatakan langsung oleh Plt. Walikota Cimahi, Ngatiyana usai menerima Tim Monitoring dan Evaluasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Plt. Walikota Cimahi, Ngatiyana mengungkapkan, Alhamdulillah dengan pelaksanaan dana BOS Kota Cimahi melalui Disdik (Dinas Pendidikan) berjalan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku dari pemerintah pusat sehingga dana bos bisa disalurkan pada sekolah negeri dan swasta.

“Perlunya ada evaluasi monitoring bagaimana kedepan apakah ini ada petunjuk lebih lanjut dari tim monitoring tersebut,” ujar Ngatiyana, di Gedung A Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi Jalan Rd Demang Hardjakusumah, Jumat (16/4).

Kemudian Ngatiyana mengatakan bahwa, Penanggulan dana bos untuk meningkatkan indikator pencapaian utama untuk mencapai artisipasi kuncinya memang pemerintah dan kerja wajib memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik.

Dana BOS ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam peningkatan beberapa indikator pencapaian utama dalam dunia pendidikan. Ngatiyana mengatakan pada tahun 2020 kemarin telah mencapai angka partisipasi untuk SD mencapai 93,2 persen, dan SMP 87,5 persen.

“Kemudian telah disampaikan menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 bahwa Warga Negara Indonesia yang usianya 7 sampai 15 tahun di wajibkan mengikuti pendidikan dasar. Pasal 34 ayat 2 undang-undang menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar,” terangnya.

“Dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat,” tambahnya.

Mudah-mudahan hal tersebut bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi dengan baik.

“Selama pandemi Covid-19 pengelolaan dana BOS memang ada kesulitannya masalahnya bisa diatasi oleh Disdik (Dinas Pendidikan) dan bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan