Jembatan di Desa Tegalmanggung Sumedang Ambrol, Kades Minta Segera Diperbaiki

SUMEDANG – Pengguna jalan yang melintas di Jembatan Jalan Raya Parakanmuncang-Sindulang, Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang perlu ekstra hati-hati. Sebab,  gorong-gorong jembatan mengalami ambrol akibat tergerus air hujan.

Kepala Desa Tegalmanggung, Cecep Ali Hasan mengatakan, bahwa kerusakan jembatan tersebut diketahui sudah hampir satu bulan.

Rusaknya gorong-gorong akibat tergerus air hujan dan terjadi erosi. Kendati begitu, hingga saat ini jembatan tersebut masih belum diperbaikan.

“Kerusakannya semakin parah. Jembatan ini longsor sepanjang sekitar tujuh meter dengan lebar dua meter,” kata Cecep kepada wartawan pada Jumat (16/4).

Cecep juga menjelaskan mengenai penyebab terjadinya kerusakan di jembatan Jalan Raya Parakanmuncang-Sindulang.

“Bibir jembatan yang longsor akibat tergerus air hujan. Terkikis dan lama-lama longsor seperti sekarang ini,” ujarnya.

Menurutnya, jembatan tersebut merupakan jalur penting yang selama ini banyak dilintasi oleh warga dan jalan yang dilewati itu merupakan jalan Kabupaten Sumedang.

“Akses transportasi ini juga menjadi jalur utama yang menghubungkan beberapa dusun di Desa Tegalmanggung,” imbuhnya.

Cecep menerangkan, bahwa jembatan tersebut merupakan akses utama menuju Desa Sindulang. Ia melanjutkan, bahwa pihak kecamatan telah berkomunikasi langsung dengan PUPR Kabupaten Sumedang.

Sementara itu petugas dari UPTD PU Wilayah Pamulihan, Maman, saat di wawancara ternyata baru mengetahui kerusakan jembatan setelah dikonfirmasi oleh salah satu wartawan dari awak media di Sumedang.

Meskipun demikian, Maman menjelaskan, bahwa pihaknya akan segera mengecek ke lokasi jembatan yang rusak. Selain itu, lanjut Maman, dirinya menyarankan agar pihak desa juga perlu membuat surat pemberitahuan kerusakan jembatan.

“Menyarankan agar kepala desa setempat membuat surat pemberitahuan kerusakan jembatan yang ditujukan kepada PUPR Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Dalam pemaparannya, Maman menuturkan bahwa ia bersama pihaknya sementara ini akan meninjau lokasi sebelum nantinya akan melapor ke PUPR Kabupaten Sumedang.

“Kami segera mengecek ke lokasi jembatan yang rusak sebagai pelaporan kami yang nantinya disampaikan juga kepada PUPR,” tutup Maman. – Mg6/Bas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan