Ternyata Segini Biaya yang Habis Buat Melatih Trainee Jadi Kpop Idol!

BTS terkenal memulai dari bawah sebelum mereka melambung ke puncak. Sebagaimana penggemar dan Bangtan Sonyeondan sendiri mendapat pujian atas kesuksesannya, Bang Shi Hyuk juga terkenal berinvestasi besar pada boyband asuhannya tersebut.

Dalam sebuah wawancara, CEO membagikan berapa banyak yang bisa habis untuk melatih trainee sepenuhnya di BigHit Entertainment selama setahun.

Tidak tanggung-tanggung, biayanya bisa mencapai sekitar seratus dua puluh juta KRW ($ 110.000 USD) untuk melatih seorang peserta pelatihan selama setahun. Jika dalam rupiah, bisa mencapai satu milyar lebih. Memang nilai yang fantastis untuk membentuk Kpop idol kelas dunia.

Nilai ini, meskipun disediakan oleh Bang Shi Hyuk sendiri, tidak spesifik untuk BigHit Entertainment. CEO mengklaim itu sebagai biaya rata-rata bagi perusahaan mana pun untuk berinvestasi pada seorang peserta pelatihan, dengan semua pelajaran dan pelatihan yang tepat. Nilai ini bisa naik jika perusahaan memutuskan untuk mengirimkan trainee untuk mendapatkan pengalaman yang mahal seperti pelatihan di luar negeri.

BTS. Variety

Tidak hanya itu, para trainee juga mendapat asrama, tergantung pada perusahaannya. Beberapa trainee mungkin terus tinggal bersama keluarga mereka sampai tim debut mereka dikonfirmasi.

Setelah tim debut mereka terbentuk, tim tersebut akan mulai tinggal bersama di asrama selama satu setengah tahun. Selama ini, perusahaan akan membiayai penginapan dan makan.

Untungnya, perusahaan seperti Big 3 dan BigHit Entertainment tidak meminta trainee untuk membayarnya kembali setelah debut. Ini berarti artis mereka mendapatkan uang dari saat mereka mulai berpromosi. Perusahaan lain mungkin meminta trainee mereka untuk membayar kembali setelah debut dan mereka hanya mulai menerima pendapatan setelah hutang telah lunas. (koreaboo)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan