Susi Pudjiastuti dan Sejumlah Artis Kecam Lucinta Luna

JAKARTA – Selebgram dan Artis Lucinta Luna kembali menuai sensasi dengan aksi-aksinya. Setelah bebas dari penjara, kini dia dikecam gara-gara menyiksa lumba-lumba. Model sekaligus aktivis satwa, Davina Veronica mengecam aksi Lucinta Luna bersama sejumlah temannya yang mempermainkan lumba-lumba dalam kolam. Davina menyampaikan itu setelah beredar video Lucinta Luna sedang berenang bersama lumba-lumba di tempat wisata Dolphin Lodge Bali.

Transgender memegang sirip lumba-lumba sambil mengitari kolam renang. Davina menentang perbuatan Lucinta dan teman-temannya tersebut.

“Ini benar-benar bodoh, tak berpendidikan, kejam, dan tak memiliki hati. Sedih banget melihat ini. Lumba-lumba ini seperti budak manusia,” tulis Davina dalam unggahan Instagram @davinaveronica. Davina mengungkapkan kecintaannya pada lumba-lumba yang menjadi bahan mainan Lucinta.

“Kamu tahu tidak bahwa lumba-lumba adalah hewan paling cerdas di bumi ini. Mereka merupakan makhluk yang pintar, komplek, dan lembut. Mereka makhluk sosial. Ini pasti dipisahkan dari keluarganya. Saya yakin mereka merindukan keluarganya, dan terlebih lagi laut.” lanjutnya.

Dalam unggahan itu, Davina juga mengatakan lumba-lumba bisa berenang hingga 40 km per jam. Di sisi lain, lumba-lumba menghabiskan energi paling sedikit ketika berenang dengan kecepatan sekitar 8 km per jam.

“Jadi fakta di penangkaran ini seperti mereka berenang di bak mandi setiap hari hanya untuk hiburan. Tolong pikirkan tentang ini,” tulis Davina.

image from lambe_turah

Menurutnya, ada tiga hal yang membunuh lumba-lumba, yakni polusi, jaring penangkapan ikan, dan penangkaran. “Penangkaran itu membunuh,” tegas model cantik yang aktif di kegiatan lingkungan tersebut. Davina juga mengatakan harus ada edukasi perlindungan pada lumba-lumba sehingga hal-hal untuk hiburan semata tidak terjadi lagi.

“Sekarang mari kita mengimbau & saling menyebar edukasi tentang larangan lumba-lumba sebagai objek hiburan seperti ini. Harus ditutup sarana-sarana seperti ini. Ini jelas benar-benar hanya soal uang dan bisnis. Tidak ada unsur edukasi dan kesejahteraan satwa sama sekali,” kata Davina.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti juga menyoroti aksi Lucina tersebut di akunnya di Twitter. Susi membalas unggahan akun @indiratendi di Twitter. Akun itu mengunggah video Lucinta Luna yang sedang asyik bermain dengan lumba-lumba.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan