Selama Ramadan, Pemkot Cimahi Kurangi Jam Kerja PNS

CIMAHI – Jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Cimahi dikurangi selama bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Nomor 09 Tahun 2021 tentang Penetapan Jam Kerja pada Bulan Ramadan 1442 Hijriyah.

Dalam surat edaran tersebut, jam kerja bagi perangkat daerah atau unit layanan yang memberlakukan lima hari kerja, para ASN akan bekerja dimulai pukul 07.30-14.30 WIB untuk hari Senin-Kamis. Sementara jam istirahat pukul 12.00-12.30 WIB.

“Hari Jumat pukul 07.30-15.00 WIB. Istirahatnya pukul 11.30-12.30 WIB,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana di Pemkot Cimahi, Rabu (14/4).

Sedangkan bagi perangkat daerah atau unit layanan yang memberlakukan enam hari kerja akan dimulai pukul 07.30-13.30 WIB untuk hari Senin sampai dengan Kamis, dan Sabtu. Untuk jam istirahatnya pukul 12.00-12.30 WIB.

“Jumat pukul 07.30-14.00 WIB, istirahatnya pukul 11.30-12.30 WIB,” ujar Ngatiyana.

Dikatakannya, surat edaran dari pusat itu saat ini tengah ditindaklanjuti.

“Kita juga sedang buat surat edarannya berdasarkan surat dari KemenPAN RB tentang jam kerja bagi ASN. Seluruh ASN supaya melaksanakan hal itu,” ujar Ngatiyana.

Selama bulan Ramadan, Pemkot Cimahi biasanya menggelar kegiatan Ramadan seperti Kultum (kuliah tujuh menit), kajian, atau tilawah. Namun untuk Ramadan tahun ini, tidak ada kegiatan tersebut karena masih dalam pandemi Covid-19.

“Sementara tidak dilakukan, karena apel pun tidak ada.  Tarling (tarawih keliling) juga tidak ada. Tapi silahkan yang mau tarawih, tapi dibatasi dan dengan protokol kesehatan,” ucap Ngatiyana

Dalam kesempatan tersebut, Ngatiyana juga menyampaikan imbauannya kepada para ASN yang ada di lingkungan Pemkot Cimahi, untuk tetap semangat bekerja meskipun di bulan Ramadan.

“Harus tetap semangat karena itu tugas, kewajiban, dan tanggung jawab kita. Puasa jangan jadi alasan, justru puasa harus banyak berbuat baik, berbuat yang terbaik. Berbuat untuk mencari ridho Alllah, tetap dengan ikhlas melaksnakan kegiatan tanpa ada permasalahan atau beban,” imbuhnya. (fey/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan