Membandingkan Redmi Note 10 dengan Realme 8

Sebagai informasi, semakin kecil ukuran pabrikasi, maka semakin banyak transistor yang bisa ditanam di dalam sebuah prosesor. Ini berujung pada performa yang semakin kencang. Transistor yang lebih kecil juga membutuhkan daya yang semakin rendah. Mengingat Snapdragon 678 memiliki pabrikasi 11 nm dan MediaTek Helio G95 hadir dengan basis 12 nm, maka Redmi Note 10 akan berperforma lebih kencang dan lebih irit baterai jika dibandingkan dengan Realme 8.

Teknologi penyimpanan

Dalam hal penyimpanan, teknologi yang dipegang olah Redmi Note 10 adalah Universal Flash Storage (UFS) 2.2. Sedangkan Realme 8 menggunakan teknologi penyimpanan yang agak lawas dengan UFS 2.1. Perbedaan utama antara UFS 2.2 dan UFS 2.1 adalah penambahan fungsi Write Booster.

Fitur tersebut meningkatkan kecepatan menulis UFS 2.2 dibandingkan pendahulunya. Peningkatan kecepatan menulis biasanya akan mendongkrak kecepatan pengaktifan aplikasi dan pemuatan cache. Teknologi UFS 2.2 juga akan memastikan performa pencarian file yang lebih baik, waktu encoding yang lebih cepat, dan masih banyak lagi kelebihannya.

Audio

Keunggulan Redmi Note 10 selanjutnya jika dibandingkan dengan Realme 8 terletak pada speaker yang dimilikinya. Ponsel buatan Xiaomi tersebut hadir dengan tata suara stereo berkat kelengkapan speaker ganda. Untuk Realme 8, ponsel ini tidak dilengkapi dengan speaker ganda sehingga masih menggunakan format audio mono.

Ini berarti bahwa Redmi Note 10 dapat memberikan pengalaman ketika bermain gim dan menonton film lebih sinematis ketimbang Realme 8. Kedua speaker ini hadir dengan posisi seimbang, artinya salah satu dari speaker stereo ini tidak menggunakan speaker untuk telinga ketika melakukan panggilan telepon. Dengan demikian tingkat volume suara antara kanal kiri dan kanan akan terdengar sama, ditambah dengan separasi stereo yang lebar.

Baterai

Dilihat dari kapasitas baterai, baik Redmi Note 10 dan Realme 8 diperkuat dengan baterai 5.000 mAh. Meski demikian, ponsel buatan Xiaomi hadir dengan pengisian daya cepat (fast charging) yang lebih tinggi pada 33W. Sedangkan ponsel terbaru Realme hadir dengan fast charging 30W. Ini berarti energi baterai yang ada di dalam Redmi Note 10 akan lebih cepat terisi dibandingkan Realme 8.

Untuk harga, Realme 8 dibanderol dengan Rp3.399.000. Di sisi lain, Xiaomi melepas ponsel Redmi Note 10 dengan harga Rp2.399.000.*

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan