Jokowi Minta Menpora Kaji Kemungkinan Liga 1 dengan Suporter

JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi), tampaknya cukup puas dengan gelaran Piala Menpora 2021. Lancar­nya turnamen pramusim ini membuat Jokowi mempertimbangkan kemungkinan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 dengan ke­hadiran suporter.

“ Tadi bapak presiden sudah membuka pelu­ang itu sudah menyampaikan kepada saya untuk saya mengkaji, jadi meng­kaji bukan mengizinkan coba dikaji,” kata Men­teri Pemuda dan Olah­raga (Menpora), Zainu­din Amali, usai bertemu presiden di Istana Merde­ka, Jakarta, pada Rabu (14/4).

Ke depan pria asal Gorontalo itu akan coba berkomunikasi dengan penyelenggara, pihak keamanan untuk mem­bicarakan soal suporter. Menurut Menpora Amali, presiden sudah men­erima banyak aspirasi untuk memberlakukan penonton terbatas di liga Indonesia.

“Saya akan kaji betul-betul. Jadi bukan satu keputusan. Ini bukan keputusan tapi diminta untuk mengkaj i kalau hasil kajian tidak visible untuk ada penonton ya saya akan sampaikan seperti itu,” terang Men­pora Amali.

Nantinya informasi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru akan menjadi per­timbangan bagi Menpora Amali. Intinya Presiden Jokowi meminta agar Liga 1 dan Liga 2 dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Turnamen Piala Menpora 2021 yang berjalan den­gan tertib membuat Presi­den Jokowi memberikan apresiasi kepada suporter. Kepatuhan mereka untuk tidak datang ke stadion dan tidak melakukan nonton bareng membuat semuan­ya berjalan lancar.

“Pak presiden menyak­sikan menonton pertand­ingan-pertandingan itu karena pada saat saya me­laporkan kan beliau me­nyampaikan, ‘ya saya lihat juga di TV pertandingan,” pungkasnya.

Persib vs Persija di Piala Menpora

Peluang Persija Jakarta ber­temu dengan Persib Band­ung di final Piala Menpora 2021 terbuka lebar. Men­teri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, optimis rivalitas keduanya tidak akan menciptakan kerumunan suporter.

“Saya tetap yakin den­gan komitmen para supor­ter untuk tidak membuat kerumunan,” ujar Menpora Amali dalam konferensi pers virtual pada Rabu (14/4) di Jakarta.

Persija dan Persib dike­nal sebagai dua klub yang mempunyai catatan ‘ke­lam’ ketika berlaga di liga atau turnamen. Kelompok suporter kedua tim kerap terlibat bentrok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan