oleh

Waspada! Hujan Es Masih Bakal Terjadi Beberapa Hari ke Depan, Ini Penjelasan BMKG Bandung

BANDUNG – Hujan es yang melanda kawasan Sindanglaya, Arcamanik, Kota Bandung tempo hari dan kawasan Pondok melati, Kota Bekasi hari ini disinyalir merupakan tanda masih berpotensinya cuaca ektrem melanda Provinsi Jawa Barat.

Mengenai hal tersebut, kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Teguh Rahayu menjelaskan perihal kejadian itu.

“Indeks labilitas masih menunjukkan kondisi atmosfer masih cenderung tidak stabil, sehingga masih terdapat potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang oleh awan comolunimbus,” ujarnya di Bandung kepada Jabarekspres.com pada Rabu (14/4/2021).

Baca Juga:  Jelang Gerhana Bulan Total, BMKG Bandung Sudah Bersiap-siap

“Potensi puting beliung dan hujan es dalam waktu singkat dan bersifat lokal dalam sepekan ke depan,” tambahnya.

Ayu, sapaan akrab Teguh Rahayu, melanjutkan, peralihan musim atau yang biasa dikenal sebagai musim pancaroba disinyalir mengakibatkan fenomena turunnya hujan es di beberapa wilayah di Jawa Barat.

Oleh sebab itu, Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem.

Baca Juga:  Waspada Rokok Ilegal, Pemkot Cimahi Perketat Pengawasan

“Harap waspada disaat situasu cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, anging kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” tuturnya.

Ia juga mengingkatkan masyarakat yang sering beraktivitas luar ruangan supaya lebih waspada dan mengerti akan pentingnya mitigasi bencana saat situasi mengkhawatirkan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga