Pasar Sore Alun-Alun Cicalengka Padat Pengunjung, Satgas Covid-19 Gencar Pantau Kepatuhan Prokes

BANDUNG – Pada bulan suci Ramadhan, menghabiskan waktu dengan mencari takjil merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia.

Seperti di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Berlokasi di Alun-Alun Cicalengka, berjajar penjual dengan aneka ragam makanan serta minuman dapat ditemui di sana.

Namun, karena banyak pengunjung yang datang, membuat wisata kuliner di Alun-Alun Cicalengka begitu padat sehingga cukup sulit untuk menjaga jarak.

Mengingat bulan Ramadhan tahun ini pandemi Covid-19 masih mengintai, maka sesuai aturan pemerintah perlu dilakukannya 3M: Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

Terkait hal itu, Kepala Kepolisian Sektor Cicalengka, Kompol Aep Suhendi mengatakan, bahwa tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Cicalengka selalu memantau keramaian di pasar sore Alun-Alun.

“Pasar ada setiap hari. Untuk prokesnya selalu kita imbau oleh Satgas, mulai dari Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, termasuk juga dari unsur masyarakat,” ujar Suhendi kepada Jabar Ekspres di lokasi pada Rabu (14/4).

Kapolsek menambahkan, bahwa mengenai kepadatan pengunjung pasar sore di Alun-Alun Cicalengka, pihaknya telah memberikan imbauan sebelumnya agar tetap patuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga jarak.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, warga Kampung Bojong Asih, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Muhammad Ramdan, 20, mengatakan bahwa ia sering mengunjungi pasar sore di Alun-Alun Cicalengka.

“Tiap hari. Cuma biasanya kalau hujan gak serame ini. Rame tapi gak penuh kayak sekarang, mungkin karena bulan puasa jadi penuh gini,” kata Ramdan kepada Jabar Ekspres di lokasi pada Rabu (14/4).

Ramdan mengakui, bahwa pasar sore Alun-Alun Cicalengka selalu dipadati pengunjung dan tidak semua warga yang datang menerapkan prokes.

“Ya di sini pada pake masker, cuma emang kadang ada aja yang gak pake, yang melanggar,” ucap Ramdan.

Meskipun demikian, kata Ramdan, tim Satgas tetap memantau dan memberi imbauan apabila para pengunjung pasar sore terlalu berdesakan.

“Suka ada yang mantau, suka kasih peringatan juga, kasih imbauan. Malah kadang suka ada yang bagiin masker, Polisi,” pungkasnya.

Adapun dalam pemaparan terkait keramaian pasar sore di Alun-Alun Cicalengka, Kapolsek mengimbau agar masyarakat yang berkunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan selalu menjaga jarak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan