Masuki Ramadan, Harga Daging Merangkak Naik

MANGKUBUMI – Memasuki ramadan, harga daging sapi dan ayam mulai mengalami kenaikan. Petugas Kota Administrasi Retribusi dan Monitoring Harga UPTD Pasar Resik 1 Tasikmalaya H Dodi Indra mengakui bahwa harga daging mulai mengalami kenaikan namun ia menyebutkan bahwa harga untuk bahan pokok di Pasar Cikurubuk masih cenderung stabil.

“Menjelang bulan Ramadan saat ini (harga) stabil. Walaupun trennya biasanya ada kenaikan untuk komoditas di pasar ini,” kata dia di kantornya, Senin (11/4/2021).

Menurut dia, selain harga daging sapi dan ayam, hasil monitoring lapangan harga sembako tidak ada kenaikan seperti beras cenderung tetap. Apalagi saat ini masih musim panen di tingkat petani.

“Harga beras stabil dengan harga Rp 11.000 untuk harga kualitas 1 sedangkan kualitas termurah Rp 9.000,” kata dia seperti dikutip dari Radar Tasikmalaya (Fajar Indonesia Network Grup).

Menurut dia, menjelang bulan puasa, memang terlihat ada kenaikan harga daging ayam dan sapi. Saat ini daging ayam setiap satu kilogram Rp 42.000 untuk boiler, sedangkan daging sapi Rp 125.000 setiap satu kilogram.

“Kenaikannya untuk daging ayam yakni Rp 4.000 yang awalnya Rp 38.000 menjadi Rp 42.000 sedangkan daging sapi mengalami kenaikan sebesar Rp 5.000 yang harga awalnya, Rp 120.000 menjadi Rp 125.000,” kata dia.

Kedua komoditas itu mengalami kenaikan karena permintaan pasar yang meningkat. Apalagi saat ini H-1 menjelang bulan puasa. Dodi menjelaskan, selama bulan Ramadan, kenaikan harga itu selalu terjadi fluktuasi kenaikan pada komoditas pasar seperti daging ayam dan sapi ini.

“Permintaan tinggi sehingga harga naik, namun kenaikan masih wajar. Stok pun masih aman, kenaikan itu dari pengalaman kami yakni terjadi menjelang bulan Ramadan dan idul Fitri dan itu terjadi pada H-3,2 dan 1 kenaikan itu” kata dia.

Menurut dia, sampai saat ini untuk stok komoditas di Pasar Cikurubuk stabil hingga bulan Ramadan nanti. Bahkan sampai Hari Raya Idul Fitri.

“Mudah-mudahan sampai nanti cukup, kalau melihat dari stok yang ada di pedagang,” kata dia.

Nurman (34), pedagang sembako Pasar Cikurubuk mengatakan saat ini untuk sembako tidak ada kenaikan, seperti harga terluar ayam Rp 24.000, gula pasir Rp 12.500, beras Rp 11.000 setiap satu kilogramnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan