Bulan Ramadan, Kemendag Monitoring Stok Bahan Pokok di Kota Bandung, Ini Katanya

BANDUNG – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengunjungi Pasar Kosambi dan Pasar Sederhana yang ada di Kota Bandung, Selasa (13/4), untuk memastikan stok bahan pokok tersedia dan harganya apakah relatif stabil atau tidak.

“Saya seperti biasanya (melakukan kunjungan kerja) pada saat bulan Ramadan untuk memastikan bahwa barang pokok dan barang ada, jadi sudah lihat Pasar Kosambi ini adalah pasar premium ditengah kota,” ujarnya saat melakukan kunjungan di Pasar Kosambi.

“Pasar ini memang mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda dengan pasar induk dan pasar tradisional, bisa dilihat bahwa harga barang pokok dan barang penting stabil apalagi melihat dari bulan Januari kemarin,” tambahnya.

Lutfi mengatakan ada beberapa harga yang turun dan beberapa yang naik. Harga yang naik itu minyak goreng.

“Minyak goreng ini re-stok CPO (Crude Palm Oil), tahun ini harganya hampir 40% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” katanya.

Oleh sebab itu Lutfi akan berkoordinasi dengan industri terkait untuk memastikan adanya supply yang lebih, supaya harganya tidak naik terlalu tinggi.

Meskipun harga minyak naik, Lutfi menuturkan ada beberapa harga yang stabil, salah satunya adalah beras. Harga beras premium maupun medium lebih rendah dibandingkan harga eceran nasional.

“Mudah-mudahan bisa tetap sesuai dengan yang sudah kita tetapkan, begitu juga dengan gula sudah stabil. Mudah-mudahan kita bisa berpuasa bulan ini dengan tenang dan hari raya dengan tenang karena harga (bahan pokok) terjangkau,” pungkasnya. (nis)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan