Aa Umbara Ditahan, Hengki Jabat Plt Bupati

NGAMPRAH – Pasca penahanan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, kini Hengki Kurniawan resmi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat. Hal itu berdasarkan formulir berita Gubernur Jawa Barat bernomor 15/KU.12/Pem otda yang dibuat pada 9 April 2021.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) KBB, S. Faisal mengatakan, pihaknya menerima surat tersebut pada Senin (12/4) pagi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Tadi pagi (kemarin) kita mendapatkan ini. Jadi sekarang tidak ada SK (Surat Keputusan) Plt, tapi langsung formulir berita dari Gubernur,” kata Faisal di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, Senin (12/4).

Sementara itu Hengki Kurniawan mengatakan, setelah ada kepastian tersebut dirinya segera berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Bandung Barat.

“Tentu saya mau ngobrol dengan Pak Sekda (Asep Sodikin), kita coba diskusi dan membicarakan terkait Kabupaten Bandung Barat ke depan,” kata Hengki.

Ia menegaskan, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bandung Barat untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Artinya saya memotivasi OPD harus tetap semangat dalam kondisi apapun. Pelayanan kepada masyarakat harus maksimal,” ujarnya.

Hengki melanjutkan, semenjak ramainya pemberitaan kasus dugaan korupsi yang menjerat Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, tak bisa ditampik berdampak pada citra baik pemerintah daerah di mata masyarakat.

“Memang mau tidak mau kondisi seperti ini berdampak pada citra Pemda. Tentu mengembalikan citra baik ini akan jadi pekerjaan rumah kita bersama dan harus jadi pelajaran buat semuanya. Kita masih punya waktu untuk membenahi semuanya,” ungkap Hengki.

Namun demikian dirinya menjamin jalannya roda pemerintahan dan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bandung Barat tak bakal terganggu meski Aa Umbara ditetapkan jadi tersangka oleh KPK.

Praktis kini segala hal yang berkaitan dengan kegiatan dan kebijakan Pemkab Bandung Barat ada di pundak Hengky Kurniawan sebagai wakil menggantikan peran Aa Umbara.

“Kita pastikan pada masyarakat bahwa roda pemerintahan dan pelayanan di Kabupaten Bandung Barat tetap berjalan. Terpenting sekarang ASN tetap tenang dan bekerja melayani masyarakat,” pungkasnya. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan