Meskipun Sehat, 7 Makanan Ini Bisa Rusak Ginjal Kamu

JAKARTA – Konsumsi makanan dan minuman yang sehat memang perlu, tetapi apa jumlah dan dosisnya sudah tepat?  Pasalnya, bila tidak, hal ini justru dapat menjadi bumerang bagi kesehatan Anda. Mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang merusak tubuh, salah satunya organ ginjal.

Lalu apa saja makanan sehat yang bisa merusak ginjal?

1. Alpukat

Buah alpukat terkenal akan kebaikannya bagi tubuh karena kandungan lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan.

Alpukat juga kerap disantap sebagai makanan untuk sarapan yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, mengonsumsi alpukat secara berlebihan tidak disarankan karena dapat menyebabkan gangguan elektrolit, yaitu kalium.

Mengonsumsi alpukat secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kalium. Kadar kalium yang tinggi dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Kinerja ginjal pun bisa terganggu akibat kelebihan kalium.

2. Daging Sapi

Makanan lezat satu ini memang sulit ditolak. Daging sapi memang baik untuk kesehatan, khususnya untuk mencegah anemia dan menjadi sumber protein. Namun, perhatikan jumlah daging, khususnya yang telah diproses—yang Anda makan.

Jika berlebihan, hal ini dapat membuat kondisi ginjal menjadi tak sehat. Daging yang telah diproses, seperti sosis dan pepperoni, terkadang punya kandungan garam yang tinggi untuk menambah rasa. Makanan asin yang mengandung garam tinggi biasanya juga memiliki zat purin. Bila kadarnya terlalu banyak dalam tubuh, zat tersebut dapat memicu penyakit asam urat dan batu ginjal.

3. Pisang

Buah lezat yang satu ini pasti sering menjadi favorit banyak orang. Biasanya, pisang digunakan untuk hidangan pencuci mulut.

Namun, jangan sampai mengonsumsi pisang berlebihan. Pisang juga kaya akan kalium, sama seperti alpukat. Apabila dikonsumsi berlebihan, kandungan kalium yang berlebih akan mengganggu kinerja ginjal.

4. Roti Gandum

Salah satu makanan sehat untuk sarapan ini ternyata berisiko merusak ginjal bila dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih jika Anda mengidap atau memiliki riwayat penyakit ginjal Sama seperti pisang dan alpukat, roti gandum juga kaya akan kalium dan fosfor yang kurang baik bagi ginjal bila kadarnya terlalu banyak dalam tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan