Pangeran Philip Meninggal di Usia 99 Tahun

Saat ini belum diketahui apakah Pangeran Harry dan Meghan Markle akan pulang ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Pangeran Philip. Duke dan Duchess of Sussex itu kini tinggal di California.

Besar kemungkinan hanya Harry yang hadir. Itu karena Meghan tengah hamil anak kedua. Janin yang diperkirakan perempuan itu bakal lahir musim panas ini. Jika pasangan suami istri itu hadir, itu akan menjadi pertama kalinya mereka berkumpul dengan keluarga kerajaan pascawawancara dengan Oprah.

Pangeran Andrew, putra tertua kedua Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, mundur dari kehidupan kerajaan 2019 lalu. Dia disorot karena berteman dengan pelaku kejahatan seks Jeffrey Epstein. Situasi semakin memburuk dengan adanya Brexit dan pandemi Covid-19.

Sama seperti Elizabeth II, Pangeran Philip juga sangat mencintai pasangannya. Dia bahkan rela melepaskan jabatannya di angkatan laut demi bisa maksimal menemani Elizabeth yang sudah naik takhta.

Philip telah menemani Ratu Elizabeth II dalam 250 kunjungan ke luar negeri dan bertemu dengan para pemimpin dunia. Dia juga ribuan kali melakukan kunjungan ke rumah sakit, tambang, dan berbagai kegiatan lainnya.

Philip sangat dicintai rakyat Inggris. Kemarin penduduk berbondong-bondong meletakkan karangan bunga di depan Istana Buckingham. Para pemimpin negara juga satu per satu menyampaikan rasa belasungkawanya.

’’Selama 99 tahun hidupnya, Philip melihat dunia berubah secara dramatis dan berulang kali. Dari pengabdiannya selama Perang Dunia II, hingga 73 tahun bersama Ratu, dan seluruh hidupnya di mata publik. Pangeran Philip dengan senang hati mengabdikan dirinya untuk rakyat Inggris, persemakmuran, dan keluarganya,’’ ujar Presiden AS Joe Biden.

Di lain pihak, Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan rasa duka mendalam atas kematian Philip. Dia tidak akan pernah melupakan sifat Philip yang selalu berterus terang dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. ’’Pangeran Philip akan dikenang sebagai perwira angkatan laut yang dihormati, seorang dermawan yang berdedikasi, dan setia menemani kehidupan Ratu Elizabeth II,’’ cuit Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan