Peringatan ke-75, Wujudkan TNI AU Disegani di Kawasan

LEMBANG – Dinamika lingkungan strategis dan perkembangan situasi global dalam kurun waktu dua dekade terakhir, dihadapkan kompleksitas ancaman serta tantangan yang akan dihadapi ke depan terus bergerak semakin unpredictable, termasuk didalamnya kemajuan teknologi yang sangat cepat.

Terlebih ancaman yang datang tidak hanya bersifat linier, tetapi juga bersifat hibrida dan asimetris bahkan semakin berkembang dengan adanya pemanfaatan “persenjataan” non-kinetik. Untuk itu, TNI Angkatan Udara harus senantiasa mampu beradaptasi dengan segala perkembangan yang terjadi.

Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., yang dibacakan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat Upacara Peringatan Ke-75 Hari TNI Angkatan Udara Tahun 2021 di lapangan Widya Krida, Seskoau, Lembang. Jumat (9/4/2021).

Kasau bertekad mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan, yaitu TNI Angkatan Udara yang dapat bertransformasi dan senantiasa mampu menyesuaikan diri dalam mewujudkan air power yang sesuai saat ini.

Transformasi air power yang modern, lanjutnya, membutuhkan lebih dari sekedar kepemilikan platform alutsista generasi terkini, tetapi juga SDM yang unggul, organisasi yang baik, dan kebijakan yang tepat akan memiliki peran sentral untuk memaksimalkan peran mewujudkan tugas-tugas yang diamanahkan kepada TNI Angkatan Udara.

“Kunci keberhasilan mencapai transformasi adalah kualitas SDM Angkatan Udara, berupa perbaikan sisi pengembangan kualitas SDM yang harus terus dilakukan secara berkelanjutan,” tegasnya.

Upaya ini, katanya, membutuhkan dukungan seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara yang mana sebagai generasi penerus Angkatan Udara berkewajiban melanjutkan tongkat estafet pengabdian dengan semangat yang lebih tinggi.
“Kita harus optimis, dengan komitmen dan upaya yang kuat dari seluruh unsur cita-cita untuk menjadi TNI Angkatan Udara yang disegani, Insya Allah dapat segera terwujud,” ujarnya.

Mengenai pandemi Covid-19, TNI Angkatan Udara siap mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Inilah wujud patriotisme masa kini dengan semangat perjuangan yang tetap sama sejak 75 tahun lalu.
“Pandemi tidak serta merta menurunkan prediksi ancaman, karena berbagai konflik dan flash point tetap terjadi di berbagai penjuru dunia,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan