Menuju Kampung Mandiri Lestari bersama Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Cimanggung

SUMEDANG – Kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa transfer ilmu mengenai pembuatan kompos organik adalah upaya memanfaatkan potensi lingkungan sekitar berupa sisa sampah organik terutama sampah rumah tangga.

Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) mengadakan workshop pengolahan sampah organik kepada Formal Leader PKK Zone 1 dan Team Penggerak PKK Kecamatan Cimanggung pada Rabu, (7/4) kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 16 peserta dari seluruh Ketua TP PKK di 11 Desa se-Kecamatan Cimanggung beserta Pengurus TP Kecamatan di Aula Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Workshop dibuka secara resmi oleh Sekretaris Camat Cimanggung Ahmad Aradea dan Ketua TP PKK Cimanggung Dede Herna Murnina beserta Denny Wahyudi dan Ardiyanto selaku perwakilan dari Coca-Cola Amatil Indonesia.

 

Pengolahan Sampah Organik

Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada peserta akan manfaat serta sederhananya proses pengolahan sampah organik rumah tangga. Selain itu, kegiatan workshop juga sangat produktif dan interaktif.

Konsep sederhana pembuatan tong komposter sebagai wadah untuk kelola kompos organik yang di-design oleh team Coca-Cola Forest Fun Learning Studio Kang Cecep pun menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh peserta. Karena pembuatannya cukup dari material yang setiap hari terlihat di setiap rumah mereka.

Bahan baku kompos organik sangat mudah. Bisa berupa sampah hijau/dedaunan, sampah sisa kulit buah, sampah dapur, sampah coklat dan sampah organik lainnya.

Transfer teknologi pembuatan pupuk kompos memberikan manfaat yang besar. Yaitu adanya peningkatan pengetahuan warga tentang manfaat bahan sisa sampah organik sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos.

Hasilnya akan diperoleh dalam 50 hari dalam bentuk Pupuk Organik Cair (POC) dan Pupuk Organik Padat (POP).

Dede Herna Murnina sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Coca-Cola Amatil Indonesia.

“Kita tidak perlu lagi membeli pupuk kimia yah karena pupuk organik ini sangatlah berkualitas baik dalam bentuk POC maupun POP,” ujar ketua TP PKK sekaligus istri dari Camat Cimanggung.

Pelatihan yang terselenggara atas kolaborasi Amatil Indonesia dengan TP PKK Kecamatan Cimanggung menjadi komitmen Bersama agar lahir keberlanjutan positif untuk terus mendukung Program Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam peta jalan pengurangan sampah dari sumbernya dan terwujudnya Kampung Mandiri Lestari di wilayah Kecamatan Cimanggung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan