Perbaikan Listrik di Tiga Kecamatan Flores Timur Bakal Dirampungkan Besok

Flores Timur – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pelayanan Jaringan Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengonfirmasi pemulihan pasokan listrik yang menuju tiga dari delapan kecamatan terdampak bencana alam ditargetkan bakal rampung pada Jumat besok. Saat ini pasokan listrik sedang berlangsung berada di Kecamatan Ile Boleng, Kelubagolit, dan Witihama. Sedangkan lima kecamatan lainnya yakni Adonara Timur, Wotan Ulu Mado, Adonara Barat, Adonara Tengah dan Adonara belum bisa ditembus kendara pengangkut material PLN akibat kerusakan infrastruktur.

“Ada delapan kecamatan yang terdampak. Hanya untuk jalur yang bisa dilintasi cuma tiga kecamatan. Sisanya masih diupayakan jadi saat ini para pelanggan yang sudah menyala ada 2.475 pelanggan. Yang masih padam 25.449 pelanggan di delapan kecamatan” kata Manager PLN Adonara Theo Aji Caraka di Adonara Timur, Kamis. (8/4)

Hingga Rabu, PLN Adonara sudah menyelesaikan pekerjaan penarikan satu jalur kabel listrik di yang menghubungkan Desa Waiburak dan Waiwerang Kota. Kegiatan berlanjut hari ini untuk penyelesaian penarikan kabel di dua jalur menuju tiga kecamatan, yakni Ile Boleng, Kelubagolit dan Witihama.

“Target kita besok sampai menyala di tiga wilayah kecamatan tadi. Tapi secepat mungkin kita selesaikan. Di Waiburak ini ada delapan tiang sudah berdiri semua. Konduktor di satu jalur itu sudah ditarik dan sudah selesai. Tinggal satu jalur lagi,” katanya.

Hambatan di lapangan, kata Theo, lebih pada kerusakan infrastruktur yang menghambat akses kendaraan berat PLN. Seperti yang terjadi di jembatan penghubung Desa Waiburak dan Waiwerang Kota yang terputus.

“Karena jembatan di Waiburak dan Waiwerang masih putus, jadi untuk menyeberangkan tiang dilakukan secara manual lewat kali,” katanya.

Theo menambahkan, PLN Adonara telah meminta tambahan 30 personel untuk menjangkau lima kecamatan lain yang masih terdampak pemadaman listrik. Pemulihan jaringan listrik di tiga kecamatan melibatkan 70 personel teknisi.

“Saat ini sudah sekitar 70 orang dikerahkan. Hari pertama, kita masih 30an orang, hari kedua 50an orang, hari ketiga sampai sekarang 70 orang. Masih diusahakan tambahan tim dari Larantuka dan Kupang dalam perjalan ke sini,” ujarnya. (Antara)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan