Rider, Ini 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring

BANDUNG – Salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh pengguna sepeda motor adalah touring dengan jarak dekat maupun jauh. Touring bisa dilakukan sendirian maupun bersama teman-teman atau komunitas namun tetap harus #Cari_Aman.

Safety Riding Development Section Head, Ludhy Kusuma mengatakan, “Saat melakukan touring pengendara dan penumpang wajib penggunakan perlengkapan berkendara, di antaranya jaket yang sesuai untuk berkendara, helm standar SNI, sarung tangan, dan masker, serta mempersiapkan jas hujan dan pakaian pengganti sesuai kebutuhan.”

Touring merupakan aktivitas yang sangat melelahkan, maka sebelum touring sebaiknya jaga kondisi dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat. Ketika badan merasa lelah saat mengendarai sepeda motor, rider sebaiknya beristirahat dan jangan memaksakan diri sebagai upaya menghindari kecelakaan akibat kondisi fisik yang lelah atau mengantuk.

Agar touring aman dan nyaman saat di jalan raya dan sampai tempat tujuan dengan selamat, pengendara wajib mempersiapkan hal-hal seperti:

 

1. Surat-Surat Kendaraaan

Salah satu hal penting dalam persiapan touring adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan. Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan surat-surat wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh.

 

2. Kendaraan

Gunakan sepeda motor yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Apapun jenis kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan yang prima. Beberapa bagian motor harus dalam kondisi yang baik, seperti kondisi mesin, kampas rem, oli mesin, kondisi ban, lampu apakah menyala dengan baik. Rider juga wajib membawa toolkit agar aman selama di perjalanan.

“Apabila saat touring sepeda motor mengalami masalah pada kendaraannya, pengemudi bisa mengunjungi bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat untuk dicek sehingga berkendara tetap dalam kondisi yang aman dan nyaman,” ujar Ludhy.

 

3. Cek Kesehatan

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, cek kondisi kesehatan pengemudi dan penumpang yang merupakan syarat wajib yang sangat penting. Jaga kesehatan sebelum touring dengan beristirahat yang cukup juga menjaga pola makan supaya tidak masuk angin selama perjalanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan