Menghadapi Bulan Suci Ramadhan, Ketersediaan Bahan Pangan di Sumedang Aman

SUMEDANG – Ketersediaan bahan pangan menjelang bulan suci Ramadhan di wilayah Sumedang dipastikan aman.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, ia mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan kesiapan bahan pangan dan ketersediaan stok yang cukup selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.

“Insha Allah, stok bahan pangan selama bukan puasa hingga menjelang hari raya di Sumedang akan tercukupi,” ucap Herman Suryatman kepada Jabar Ekspres di Aula Kentor Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedanf pada Senin (5/4) malam.

Herman menyebutkan, bahwa Pemkab Sumedang akan melakukan pemantauan melalui dinas-dinas terkait.

“Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, dan Dinas Peternakan akan terus melakukan pemantauan ketersediaan stok pangan saat menjelang puasa dan menjelang Idul Fitri 2021,” ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa Pemkab Sumedang akan lakukan pengawalan bahan pangan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan.

“Kita akan kawal, agar stok pangan di Sumedang memadai saat menghadapi bulan puasa dan Idul Fitri. Itu sudah kewajiban kami,” ucapnya.

Meskipun demikian, kata Herman, untuk menjaga stabilisasi harga pangan di Sumedang, pihaknya akan akan melakukan cek, ricek, dan krosecek langsung ke lapangan.

Ia juga menambahkan, bahwa jika nanti ternyata ada kenaikan harga seperti beras, maka akan dilakukan operasi pasar, dan pihaknya akan bekerjasama dengan PT Bulog.

“Saya kira, sudah ada SOP (Standar Operasional Prosedur) nya untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok saat menjelang puasa dan lebaran,” tuturnya.

Lebih lanjut Herman menjelaskan, bahwa saat menjelang puasa dan lebaran ketidakstabilan harga kebutuhan pokok kerap terjadi.

“Kita akan antisipasi dan kita akan rapatkan khusus di SKPD terkit agar lebih lebih proaktif, antisipatif. Jangan sampai kejadian dulu, langkah yang bagus adalah preventif,” imbuhnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Komisi 1, Ketua Fraksi PAN, Dudi Supardi mengatakan bahwa melalui komisi terkait akan mencoba mendorong untuk melakukan stok bahan pangan menghadapi Ramadhan.

“Kita semua mendorong, melalui komisi terkait untuk melakukan stok, stok bahan,” ujar Dudi kepada Jabar Ekspres di lokasi yang sama pada Senin (5/4) malam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan