Mantul! 50 Ribu KPM Akan Dapat Bantuan Sembako

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membagikan bantuan berupa sembako kepada para penerima yang terdaftar di pemerintah kota. Melalui Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan bahwa bantuan sembako tersebut telah mendapat subsidi dari Pemkot.

“Kegiatan pada bulan ramadan adalah ada subsidi kebutuhan barang pokok. Ini merupakan program dalam rangka melaksanakan janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota, khusus untuk Bandung sejahtera,” katanya di Balai Kota Bandung, Selasa (6/4/2021).

Paket sembako tersebut nantinya ditujukan kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Kota Bandung yang masuk ke dalam kategori desil 3 dan desil 4. Rencananya penyaluran bantuan tersebut akan dimulai menjelang Idulfitri.

“Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman kelurahan dan kecamatan. Alhamdulilah, data penerimanya sekarang sudah masuk dan akan dibagikan mulai bulan ini, 26 April. Jadi kira-kira nanti 10 hari jelang lebaran,” tuturnya.

Setidaknya terdapat 50 ribu paket bantuan yang akan diberikan. Paket sembako tersebut akan berisi berbagai keperluan rumah tangga, seperti minyak goreng, gula, beras, kornet, serta tepung.

“Pemberian paket tersebar di 30 kecamatan, 151 kelurahan, dan 9928 RT. Akan dikemas dalam goodie bag dan didistribusikan langsung ke kantor-kantor kelurahan melalui kantor kecamatan,” ujarnya.

Nantinya, bagi mereka yang telah terdaftar dan ingin mendapatkan paket bantuan sembako akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu.

‎”Paketnya seharga Rp 150 ribu per paket. Telah disubsidi Pemkot Bandung sebesar Rp 100 ribu per paket. Sehingga masyarakat hanya akan membayar 50 ribu perpaket,” terangnya.

Namun demikian, kata Elly, jumlah penerima bantuan dipastikan tidak akan sama di tiap kecamatan, karena akan menyesuaikan dengan jumlah RT.

‎”Kuota masing-masing kecamatan disandingkan dengan jumlah RT di masing-masing kecamatan, jadi berbeda tiap-tiap kecamatan. Tergantung dari jumlah RT yang ada di masing-masing kecamatan,” katanya.

“Mudah-mudahan subsidi ini bermanfaat bagi penerima karena ini adalah memenuhi janji wali kota,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan