Penjelasan Kepala BKN tentang PPPK Berkinerja Baik Bisa Diangkat Jadi PNS

JAKARTA – Jelang pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021, para guru honorer makin bersemangat mengikuti bimbingan belajar yang difasilitasi Kemendikbud. Mereka bahkan bertekad bila lulus nanti akan bekerja baik agar bisa diangkat menjadi PNS seperti janji Mendikbud Nadiem Makarim.

Menurut Ketum Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat, janji Mendikbud tersebut menjadi pelecut mereka untuk lulus tes PPPK.

Apalagi bagi guru honorer yang usianya masih memungkinkan menjadi PNS (di bawah 35 tahun).

“Kami menyambut PPPK ini sebagai step awal. Namun harus tetap ada pengembangan jenjang karir di PPPK agar suatu saat bisa menjadi PNS,” terang Rizki kepada JPNN.com, Senin (5/4).

Dia menambahkan, seluruh guru honorer tetap mengawal pernyataan Nadiem Makarim tersebut tentunya harus sejalan dengan UU Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ketum DPP Forum Honorer Nonkategeri Dua Persatuan Guru Honorer Republik Indonesia (FHNK2 PGHRI) Raden Sutopo Yuwono juga gembira bila ada mekanisme pengangkatan PNS dari PPPK yang berkinerja baik. PGHRI yang sedari awal memperjuangkan PPPK bagi usia 35 tahun ke atas, akan sangat berterima kasih kepada Mendikbud bila ada reward bagi ASN berkinerja baik untuk menjadi PNS.

“Mudah-mudahan, pernyataan Mas Menteri di hadapan Komisi X DPR beberapa waktu lalu bisa direalisasikan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana yang dihubungi terpisah mengungkapkan, tidak ada mekanisme seperti itu. PPPK memang bisa menjadi PNS tetapi ada tesnya tersendiri.

“Kalau mekanismenya PPPK berkinerja baik langsung diangkat PNS, nanti babak belur sendiri Mas Nadiem,” ucapnya.

Bima Haria menegaskan, sejatinya setiap PPPK yang usianya memenuhi syarat PNS, memungkinkan ikut tes CPNS bila ada formasi untuk yang bersangkutan. Semua persyaratan dan tahapan seleksi CPNS 2021 ada mekanismenya yang sedang disusun aturannya. (JPNN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan