Apkasi Gagas Anugerah Jurnalistik 2021

JAKARTA – Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan menggelar lomba tulis jurnalistik untuk wartawan/media, sebagai komitmen asosiasi dalam membina hubungan silaturahmi dengan media massa, sekaligus dalam rangka mewujudkan dukungan konkrit bagi pembangunan di daerah-daerah melalui publikasi informasi yang aktual, akurat, kritis dan konstruktif.

Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang menjelaskan, peran media bagi pembangunan daerah sangat penting sebagai sumber informasi dan publikasi. “Media massa adalah mitra strategis bagi Apkasi sebagai sumber informasi, sehingga perannya dapat mendukung koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat,” katanya.

Sarman melanjutkan, sebagai wujud apresiasi dan menjalin hubungan di masa mendatang, Apkasi akan mengadakan lomba tulis jurnalistik yang diberi nama Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2021. Lomba ini akan mengambil tema “Kebangkitan Ekonomi Daerah dalam Mendukung Pembangunan Nasional”, sehingga bisa memberikan gambaran mengenai kerja, potensi dan kendala yang dihadapi pemerintah kabupaten di daerah-daerah.

“Melalui AJA, kami berharap teman-teman media dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang lebih berkualitas, menggali potensi daerah dengan berbagai persoalannya, serta membuka wawasan publik dalam memberikan solusi untuk kebangkitan ekonomi, dan pembangunan di daerah – daerah,” ujar Sarman.

Lomba tulis AJA dibuat dalam 2 kategori yaitu penulisan artikel (indepth) di media massa cetak dan media online. Pemenang lomba ini adalah tiga orang, dengan hadiah pertama yaitu uang tunai senilai Rp 10 juta dan seterusnya. Lomba ini berlaku bagi seluruh media nasional dan lokal baik cetak ataupun online yang sudah terdaftar di Dewan Pers.

Berikut ketentuan umum Lomba Karya Tulis Jurnalistik Apkasi 2021 :
1. Mengisi formulir pendaftaran dan Surat Keaslian Karya yang telah disediakan sebagai bukti kepesertaan dengan mendownload formulir di website Apkasi, atau akan dikirim ke media masing-masing.
2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di media massa nasional atau lokal, di Jakarta atau di daerah (cetak dan online)
3. Karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa pada rentang waktu 1 Januari 2021 sampai dengan 25 Juni 2021.
4. Penyerahan hasil karya jurnalistik peserta dikirimkan melalui email dengan alamat Email Lomba Tulis Apkasi : [email protected]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan