Asep Kurnia Solusikan Jaminan Sosial, Linmas: Sangat Terbantu

SUMEDANG – Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari dapil 5 Fraksi Golkar, Asep Kurnia, diketahui menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam program perlindungan sosial bagi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Ia mengatakan, bahwa dalam Reses yang dilakukan mulai 1 hingga 3 April 2021, berfokus pada perlindungan sosial bagi Linmas karena menurutnya selama ini keselamatan dan kesejahteraan Linmas kurang diperhatikan.

“Linmas sebagai garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19, khususnya pada PPKM berskala mikro,” kata Asep saat Reses di Desa Sukadana, pada Jumat (2/4) kemarin.

Namun katanya, sebagai garda terdepan gugus tugas Covid-19, perlindungan bagi Linmas rasanya sangat kurang.

Sebagai contoh, para Linmas tidak ditanggung pemerintah jika kecelakaan, santunan kematian, beasiswa anak karena tidak memiliki upah tetap.

“Oleh karena itu, dalam Reses kedua tahun 2020-2021 ini, saya menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikutsertakan mereka dalam kepesertaan BPJS,” ujarnya.

Melalui penjelasan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan, kata Akur sapaan akrabnya, bahwa manfaat dan keuntungannya banyak, salah satunya jaminan keselamatan kerja.

“Sehingga, apabila mereka sedang bekerja kemudian terjadi kecelakaan, bisa dijamin pemerintah (BPJS),” imbuhnya.

Karena situasi Covid 19, lanjut Akur, peserta Reses dibatasi. Untuk tahap pertama Linmas yang didapatkan di Desa Cilayung, Cileles, Cikeruh, Hegarmanah, Mekargalih, Jatiroke Kecamatan Jatinangor.

“Kemudian Desa Sukadana, Sawahdadap, Cimanggung, Sindulang dan Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung sudah didata dan akan mendapatkan langsung kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semuanya ada 133 Linmas,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Linmas dari Desa Sukadana, Burhanudin, 54, mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih dengan adanya program perlindungan sosial tersebut.

“Sangat bagus yah, jadi terbantulah. Jadi kita ada perlindungan (sosial), jadi lebih tenang,” ucap Burhan saat ditemui di Balai Desa Sukadana pada Sabtu (3/4).

Menurut Burhan, tidak hanya dirinya yang merasa terbantu dengan adanya program yang diusulkan oleh anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari fraksi Partai Golkar yang menggandeng BPJS Ketenagakerjaan.

Katanya, bahwa anggota Linmas lain khususnya di Desa Sukadana, sangat mengapresiasi dan berterima kasih melalui program perlindungan sosial bagi mereka.

“Ya gak saya aja, yang lain juga, temen-temen Linmas juga lebih dari terbantulah. Makasih pisan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan